Pelatih Persib Ternyata Kolektor Batu Akik

9 February 2015 BATU akik kembali menjadi tren. Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman ternyata juga seorang kolektor batu akik. Namun, menurut pengakuan Djanur, ia telah menggunakan cincin berhias batu mulia sebelum menjadi tren.

“Kalau saya sih gak ikut tren, dari dulu memang sudah pakai,” kata Djanur seperti dikutip Sportanews.com, Minggu (8/2/2015).

Djanur mengaku tidak bisa menghitungnya. Namun yang sering melingkar di jarinya hanya lima cincin. Tiga di antaranya berjenis bacan, blue safir, dan giok.

“Kalau koleksi nggak tau ada berapa, pokoknya banyak. Tapi yang sering saya pakai hanya lima, bisa dikatakan ini kesayangan. Ada yang bacan, warnanya merah. Ada juga blue safir, terus giok juga ada,” kata Djanur sambil memperlihatkan batu akik yang dia kenankan di jarinya.

Walaupun mengantongi beberapa jenis batu, Djanur enggan dianggap sebagai kolektor. Batu pertama yang dia punya adalah pemberian seorang rekan. Sayangnya dia tak ingat batu jenis apa. “Sebenarnya tidak koleksi, tapi awalnya banyak rekan yang ngasih,” kenang pelatih kelahiran Majalengka ini.

Lama-lama Djanur semakin tertarik pada akik. Bahkan, saat tidak disibukan urusan tim Persib, dia sempat mencuri waktu untuk berburu batu akik.

Perjalanan tandang Maung Bandung pun kerap dia manfaatkan untuk mencari batu akik, seperti ke pulau Kalimantan. Lalu pelatih yang sukses membawa Persib juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini, melakukan wisata batu di Martapura.

“Nah kalau yang blue safir saya beli di Kalimantan, waktu itu sengaja lagi tur Kalimantan nyempetin ke Martapura di Banjarmasin,” ungkap mantan penggawa Persib era Perserikatan tersebut.

Disinggung cincin mana yang paling dia sukai, Djanur memilih yang bermatakan batu giok. Demikian, cincin dengan batu yang kerap dijadikan perhiasan para raja China zaman dulu itu, kerap terlihat melingkar di jarinya. “Kalau yang sering dipakai sih yang giok, warnanya hijau,” tuturnya.

Sumber: Galamedia
By: Khansa

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger