Kisah Manis Persib Bandung di Liga Champions Asia

12 December 2014 VIVAbola - Persib Bandung akan tampil di Liga Champions Asia, tahun depan. Ini merupakan partisipasi Maung Bandung yang kedua. Sebelumnya, Persib sempat mencatat sejarah manis, tepatnya di Liga Champions 1995.

Saat itu, Persib berstatus sebagai juara Liga Indonesia I musim 1994/95. Maung Bandung yang diasuh Indra Tohir berhasil melaju hingga perempat final.

Di babak pertama zona Asia Timur, Persib berhadapan dengan wakil Thailand, Bangkok Bank FC. Maung Bandung menang 2-0 di laga tandang dan kalah 0-1 di kandang, sehingga melaju dengan agregat 2-1.

Selanjutnya, giliran klub Filipina, Pasay City yang menjadi lawan Persib di babak kedua. Maung Bandung berhasil melaju ke perempat final usai menyingkirkan Pasay City dengan agregat 5-2.

Sayang, kegemilangan Persib tak berlanjut di perempat final. Dalam sistem home tournament yang digelar di Bandung, Maung Bandung selalu mengalami kekalahan dalam 3 pertandingan.

Di laga perdana, Persib kalah 2-3 dari klub Jepang, Verdy Kawasaki. Selanjutnya, giliran tim Korea Selatan, Ilhwa Chunma mempermalukan Persib 2-5. Di laga terakhir, Persib kalah dari klub Thailand, Thai Farmers Bank, dengan skor 1-2.

Persib pun gagal melangkah lebih lanjut. Namun, Maung Bandung mendapatkan gelar hiburan setelah Indra Tohir terpilih sebagai Pelatih Terbaik Asia versi AFC.

Sejak saat itu, Persib selalu gagal berpartisipasi di kompetisi antarklub Asia. Tahun depan, Maung Bandung baru bisa kembali tampil. Klub asal Vietnam, Hanoi T&T akan menjadi lawan perdana Persib di partai playoff.

By: Fikri

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger