Selalu Jaga Kondisi

9 July 2013 A. YANI (GM) - Memasuki masa liburan selama sepekan berkenaan dengan datangnya bulan suci Ramadan, dokter tim Persib, Rafi Ghani mengingatkan agar semua penggawa "Maung Bandung" selalu menjaga kondisi.

Sebenarnya, tambah Rafi, menghadapi bulan Ramadan dirinya tidak memberikan imbauan khusus. Ia hanya menyarankan apa yang dikatakan pelatih, yaitu tetap menjaga kebugaran selama masa liburan.

Menurut Rafi, bulan Ramadan jangan sampai dipandang berlebihan lantaran tidak bisa makan atau minum seperti biasa. Sebab asupan gizi bisa dikonsumsi ketika makan sahur atau berbuka puasa, hanya jangka waktunya saja yang berbeda.

"Anjurannya sama dengan yang dianjurkan pelatih, dikasih libur tapi tetap menjaga kondisi tubuh dan berolahraga di kediaman masing-masing. Sebetulnya jangan dijadikan beban, sebab asupan makanan tetap sama, hanya waktunya saja yang beda," ujarnya kepada wartawan, Senin (8/7).

Sebagai program adaptasi bulan Ramadan, menurut Rafi, sebaiknya para pemain mulai membiasakan diri mengolah kebugaran secara bertahap. Seperti untuk mengawali program tersebut, bisa dengan porsi separuhnya dari program latihan biasa.

Selain itu, Rafi juga menganjurkan personel Maung Bandung untuk melakukan olahraga pada sore hari menjelang berbuka puasa. Dengan begitu mereka bisa cepat mengisi nutrisi untuk mengganti kalori yang terbakar.

"Olahraga biasa pagi, tapi nanti usahakan sebelum berbuka. Jadi kalori yang terpakai saat olahraga cepat tergantikan. Disiasati dengan olahraga secara bertahap. Karena mereka sudah dibekali jumlah kalori yang harus masuk per harinya. Jadi pintar-pintar menyiasati kegiatan fisik, kalau memungkinkan pada saat malam hari," bebernya.

Rafi menyatakan, kondisi para penggawa Maung Bandung saat ini dalam keadaan prima. Tidak ada keluhan dari Firman Utina dan kawan-kawan.

Sesuai yang diinstruksikan pelatih Djadjang Nurdjaman, skuad Persib menjalani masa libur selama enam hari setelah laga melawan Mitra Kukar, Sabtu (6/7).

Menurut Rafi, waktu hampir sepekan ini cukup bagi Firman Utina dkk. untuk menjalani istirahat. "Enggak ada masalah, sudah dalam keadaan baik, terus 'kan pelatih ngasih libur. Setelah pertandingan terakhir lawan Mitra Kukar, pemain tidak ada yang mengalami cedera," katanya.

Sumber: Galamedia
By: Khansa

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger