Firman: Harus Adaptasi Bertahap

22 July 2013 Sepekan terakhir, tim Persib berlatih di bulan Ramadhan. Untuk penyesuaian kondisi tubuh di bulan puasa, sementara tim harus melakoni 2 partai tandang, coach Jajang Nurjaman menggelar pertandingan uji coba. Pertandingan sudah dilaksanakan di Stadion Siliwangi, Minggu (21/7) malam melawan Cilegon United. Hasilnya, Persib menang 2-0, gol Tony Sucipto dan Airlangga.
Firman Utina yang turun sebagai starter sekaligus kapten tim mengatakan proses adaptasinya dilakukan secara bertahap. Saat ini, menurut Firman, tubuh pemain harus menyesuaikan diri dengan cuaca dimana dalam beberapa hari ini Bandung kembali diguyur hujan, dan atmosfer atau kondisi fisik pemain yang menjalani ibadah puasa.
“Adaptasinya mungkin masih banyak, tapi kita lakukan step by step, tapi saya rasa ga ada masalah. Enak sih kondisi tubuh, walau lapangan agak berat karena hujan dan kaki sedikit kram,” tutur pemain kelahiran Manado ini saat dijumpai setelah pertandingan semalam.
Pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia 2013 dijadwalkan setiap pukul 9 malam selama bulan Ramadhan. Persib sendiri mendapat 2 jadwal pertandingan tandang, melawan Barito Putra (26/7) dan Persiba Balikpapan (30/7).
Karena pertandingan digelar malam hari, maka pemain pun harus mempunyai formula pas menu makanan saat berbuka puasa. Hal itu agar pemain tidak mengalami kendala dengan kondisi tubuhnya saat bertanding pada malam harinya.
“Itu mau adaptasi pola makan, memang agak sulit. Tapi kita juga ada dokter tim, kita bisa konsultasi,” imbuhnya.
Firman termasuk pemain yang main penuh 90 menit di pertandingan kemarin malam. Pada dasarnya, ia tidak mengalami kendala dengan kondisi fisiknya. Diharapkan pada saat tampil di laga resmi, tubuhnya semakin siap karena sudah mencoba bertanding di malam hari.
“Insyaallah sudah siap. Tadi juga di 30 menit terakhir coba diubah jadi 4-4-2, saya ga tahu jalan atau engga, itu pelatih yang menilai. Di babak pertama juga kita disuruh ga coba menekan, hanya di satu per tiga lapangan aja,” tandasnya.

Sumber: Bolaindo
By: Fikri

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger