Persib Ditahan Imbang Persita 2-2

25 May 2013

JLN. LOMBOK (GM) - Walaupun bermain di Stadion Siliwangi, namun Persib Bandung ditahan imbang oleh tuan rumah Persita Tanggerang dengan kedudukan 2-2. Hasil tersebut membuat skuad Maung Bandung turun peringkat menempati posisi ketiga, yang disusul oleh Sriwijaya FC dengan raihan poin 42, yang berbeda 1 poin dengan Persib Bandung.

Menanggapi hasil pertandingan tersebut, Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman menilai, Persita Tangerang cerdik dalam hal memanfaatkan kondisi lapangan Stadion Siliwangi yang kurang baik.

Menurut Djanur (sapaan akrabnya), Persita sengaja memilih Stadion Siliwangi sebagai alternatif meredam permainan cepat pasukan tim berjuluk Maung Bandung yang selalu menang dalam dua pertandingan terakhir di Bandung. Seperti diketahui, Persita tidak diberikan izin menggelar pertandingan di stadion Mas'ud Wisnu Saputra Kuningan sehingga harus hijrah ke salah satu stadion di Bandung. Persita pun memilih Stadion Siliwangi.

"Mereka (Persita,red) sengaja memilih Stadion Siliwangi karena mereka tahu kalau main di Stadion Si Jalak Harupat yang lapangannya lebih bagus pasti kita bisa mendominasi permainan. Kalau disini (Siliwangi-Red) jalannya bola kurang bagus," kata Djadjang saat konferensi pers usai pertandingan.

Menurutnya, hasil imbang yang diterima, diakuinya kurang baik. Pasalnya, dengan hasil tersebut Persib gagal menggeser kembali Sriwijaya yang saat ini bertengger di posisi kedua dengan perolehan poin 42 angka dari 20 kali main.

"Kami tidak bisa mempergunakan peluang dengan sebaik-baiknya. Kami kecewa. Bukannya cari alasan, tapi kondisi lapangan disini cukup berat untuk pemain, banyak terpeleset dan alur bola cukup berat," imbuhnya.

Padahal menurutnya, anak-anak asuhannya banyak menciptakan peluang yang seharusnya bisa memenangkan pertandingan tersebut. Beberapa kali tendangan Hilton dan Kenji, membentur mistar gawang, hingga memupuskan harapan Persib untuk menciptakan banyak gol.

"Saya sudah sampaikan jangan sampai over confidence. Persipura diluar perkiraan bisa ditahan imbang oleh PBR," katanya.

Sementara itu di kubu lawan, Pelatih Persita Tanggerang Giman Nurjaman mengatakan, timnya telah sukses meraih target. Sebelumnya, ia menargetkan timnya meraih satu poin dalam pertandingan melawan Maung Bandung.

"Syukur alhamdulilah anak-anak diberi keselamatan. memang kita target poin satu. ini sudah luar biasa. Kebersaman disiplin posisi, dan berani memainan bola. Kunci kesuksean kita. Walaupun kita main kandang, tapi tetap kita main di kandang Maung," jelas Giman di tempat yang sama.

Ditanya mengenai banyaknya aksi sandiwara oleh para pemainnya yang mengulur waktu dengan berpura-pura cedera, Giman mengaku hal tersebut adalah bagian dari strategi timnya. Sejak gol pertama, para pemainnya berupaya mengulur waktu untuk mengamankan posisi kedudukan.

"Itu memang bagian dari strategi, untuk melambat waktu karena kami. dalam posisi tertekan. Untuk mengamanan kedudukan posisi kita. Mudah-mudahan hasil ini bisa memoivasii anak-ana untuk lebih baik lagi," jelasnya.

Mengenai jalannya pertandingan, di babak pertama, kedua kubu saling membuka pertahanan lawan dengan melakukan serangan dari sisi kanan, kiri, maupun tengah. Di menit ke-15, kemelut terjadi di depan gawang Persita dan hampir terjadi gol oleh tendangan pelan Sergio, namun bola masih bisa ditahan bek Persita dan menyamping ke kanan gawang kiper Reky Rahayu.

Tendangan keras oleh Hilton dari luar kotak penalti di menit ke-18, membentur mistar gawang dan cukup membuat terkejut para bobotoh yang menyaksikan pertandingan tersebut. Tendangan bebas juga oleh pemain asal Brazil di luar kotak penalti di menit 21, juga masih membentur mistar gawang Persita.

Tak berbeda dengan Hilton, striker asal Jepang Kenji Adacihara yang juga melepaskan tendangan keras ke arah gawang, kembali membentur mistar. Para bobotoh pun kecewa dengan gagalnya gol oleh anak-anak Maung Bandung.

Gol hampir tercipta ketika George Mbida Messi Parfait melakukan umpan terobosan di dalam kotak penalti kepada Sergio, yang disambut dengan tandukan. Namun gol tersebut dianulir oleh wasit karena menganggap Messi melakukan pelanggaran terlebih dahulu.

Pertandingan berjalan sengit, karena kedua kubu berpeluang untuk menciptakan gol. Gawang Maung Bandung pun beberapa kali hampir kebobolan oleh para penyerang tim tuan rumah. Hingga babak pertama usai, pertandingan pun berakhir seimbang 0-0.

Di babak kedua, para punggawa Persita mulai menguasai jalannya pertandingan dan kembali membahayakan gawang yang dijaga oleh Shahar. Striker anyar Persita, Fabrizio Bastos hampir mencetak gol, namun hakim garis terlebih dahulu mengangkat bendera tanda off side.

Setelah sekitar dua puluh menit lebih para pemain melakukan jual beli serangan, di menit ke-71, Ade Jantra memanfaatkan bola rebound tendangan Bastos yang mental ditahan Shahar. Ade pun langsung menendang keras bola ke jala gawang Maung Bandung dan merubah kedudukan menjadi 1-0.

Usai gol tersebut, para pemain Persita Tanggerang sering kali melakukan sandiwara dengan bergeletak di tengah lapang untuk mengulur waktu. Hal itu membuat para bobotoh geram dan menyoraki para pemain yang bersandiwara tersebut.

Tidak lama kemudian, Sergio berhasil menyamakan kedudukan 1-1 di menit 80, setelah terjadi perebutan bola di depan gawang Persita. Bola yang meluncur ke kaki Sergio, langsung ditendang ke gawang lawan.

Hanya berselang satu menit, Christian Carassco dan kawan-kawan langsung melakukan serangan ke pertahanan Maung Bandung. Bastos yang ada di tengah lapangan langsung memberikan umpan terobosan kepada Na Byung Yul, dan langsung menendang bola ke gawang Persib yang tidak bisa dibendung Shahar di menit 81, serta merubah skor menjadi 2-1.

Di menit-menit akhir, bobotoh pun kembali memanaskan suasana pertandingan dengan memberikan yel-yel penuh semangat kepada tim Maung Bandung. Dan gol pun terjadi di menit 87, setelah Sergio memberikan umpan kepada Hilton yang disambut dengan sundulan tajam menjebol gawang Persita.

Perpanjangan waktu lima menit yang diberikan oleh wasit, kurang diimanfaatkan dengan baik oleh Hilton dan kawan-kawan. Pertandingan pun berakhir dengan kedudukan 2-2.

Sumber: Galamedia
By: Khansa

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger