Bukan Jago Kandang

29 April 2013
MADURA (GM) - Skuad "Maung Bandung" sukses melanjutkan kemenangan tujuh kali secara beruntun, usai membungkam Persepam Madura United 3-1, dalam pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) yang berlangsung di Gelora Bangkalan, Madura, Minggu (28/4) malam.
Dengan kemenangan ini, Persib terdongkrak ke posisi tiga klasemen sementara dengan mengantongi nilai 33 dari 16 kali bertanding, hasil 10 kali menang, 3 kali draw, dan 3 kali kalah atau selisih gol (37-21), sekaligus menggeser posisi Mitra Kukar dan Sriwijaya FC.

Wartawan "GM", Pangeran Aditya Prakasa melaporkan dari Madura, meski dalam laga tersebut gagal mengemas gol, Sergio van Dijk sangat berperan dalam mengantarkan Persib ke jalur kemenangan. Sejauh ini pemain naturalisasi tersebut telah mengemas 11 gol.

Persib yang bertanding dengan semangat tinggi, langsung menggempur pertahanan lawan. Di awal babak pertama, sedikitnya dua peluang emas didapat Persib tapi gagal dimaksimalkan pemain depan.

Asyik menggempur pertahanan lawan, justru menjadi bumerang bagi tim besutan Djadjang Nurdjaman ini ketika tim asuhan Daniel Rukito melakukan serangan balik, yang gagal diredam pemain belakang Persib. Menit ke-23, Kristian Aldemund melepaskan tembakan dari jarak jauh. Bola yang meluncur deras sempat diblok kiper I Made Wirawan, tapi kemudian justru menembus gawang sendiri. Skor 1-0 untuk Persepam.

Tim tuan rumah yang diperkuat mantan pemain Persib, Zaenal Arief semakin merepotkan pertahanan Atep dkk. yang digempur habis-habisan. Tapi beruntung, gawang Persib terhindar dari kebobolan.

Selanjutnya skuad "Pangeran Biru" perlahan mulai menyusun serangan. Upaya ini membuahkan hasil ketika pada menit 36, Nasser Al Sebai mampu menyamakan kedudukan 1-1 melalui tandukan kepala.

Gol balasan Nasser ini sanggup memompa semangat bertanding pemain Persib. Gempuran demi gempuran menghujam pertahanan Persipam. Persib kembali menciptakan gol kedua yang dipersembahkan Herman Dzumafo Epandi pada menit 38, memanfaatkan umpan matang M. Ridwan. Dengan cerdik Dzumafo mencongkel si kulit bundar melalui ujung sepatunya dan bola menggelinding ke gawang lawan yang dijaga Alvonsius Kelvan.

Sebelum babak pertama usai, Maung Bandung kembali mengubah kedudukan menjadi 3-1 melalui gol yang tercipta di menit 47 lewat tandukan pemain asal Cianjur, Atep. Pemain bernomor punggung 7 itu berhasil memanfaatkan umpan silang bek sayap Persib, Tony Sucipto.

Memasuki babak kedua, baik Persib maupun Persepam silih berganti melakukan serangan. Tapi hingga babak kedua berakhir, tidak ada gol yang tercipta.

Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman usai pertandingan mengatakan, gol ke gawang Persib yang terjadi di babak pertama murni kesalahan para pemain belakang.

"Meski kita sempat tertinggal akibat kesalahan pemain sendiri, namun secara permainan tim kami lebih unggul," katanya.

Djadjang berharap kemenangan di laga tandang ini mampu dipertahankan anak asuhnya di satu kali sisa pertandingan putaran pertama melawan Persela Lamongan, pada 2 Mei mendatang. Dengan begitu, julukan jago kandang bisa terhapus.

"Hasil hari ini merupakan prestasi yang patut dipertahankan. Gol Nasser menjadi titik balik permainan kita. Kunci kemenangan ini sabar, disiplin, dan berani menguasai bola," jelasnya.

Sementara menurut pelatih Persepam, Daniel Rukito, mental pemainnya menurun ketika kebobolan gol kedua oleh Herman Dzumafo Epandi. Sehingga pertahanan "Sape Kerap" mulai goyah dengan melakukan hal yang sama.

"Mental pemain kami down saat terjadi gol kedua Persib. Tingkat kemantangan pemain kami jauh dengan Persib yang di atas kami. Menit awal permainan sudah bagus. Tapi tiga gol itu dari sayap dan stoper saya empat kali melakukan kesalahan yang sama. Materi pemain saya juga pas-pasan," jelasnya.

Mantan pelatih Persib ini mengungkapkan, tidak fitnya beberapa pemain andalan juga menjadi salah satu kelemahan skuadnya. Mereka adalah Zaenal Arief, Ali Khadafi, dan Michael Orah. Meski begitu, Daniel mengaku permainan anak-anak asuhnya tidak terlalu buruk.

Sumber: Galamedia
By: Khansa

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger