Tak Mudah Membuat Tim Super Solid

30 October 2012 BANDUNG, (PRLM).- Penasihat Teknik Persib Bandung, Indra Thohir menegaskan untuk membuat tim yang super solid itu sangat susah. Tapi, dengan materi pemain yang dimiliki Persib Bandung saat ini, itu sudah cukup mumpuni untuk membuat tim yang sulit dikalahkan.
"Tinggal bagaimana pelatih membuat serangkaian program latihan yang baik. Dengan melakukan persiapan seperti sekarang, saya pikir tidak akan perlu waktu lama lagi bagi pemain untuk bisa beradaptasi," ujarnya saat ditemui di Stadion Persib, Jln. Ahmad Yani, Bandung, Selasa (30/10/12).
Menurut Thohir, saat ini pola permainan "Maung Bandung" sudah masuk pada tahap penyeimbangan. Pada sektor tengah, lanjutnya, bagian sayap kanan terlihat masih mendominasi pola serangan yang dibangun para punggawa Persib Bandung. Sementara, untuk lini depan, performa yang ditunjukan Herman Dzumafo dkk. lumayan stabil.
"Pada sisa waktu latihan yang ada, sektor serangan yang dibangun dari sayap kiri harus segera dibenahi. Jika itu bisa diatasi, skema permainan tim akan menjadi seimbang, setidaknya saat melakukan variasi serangan," katanya.
Soal lini pertahanan, abah Thohir menilai sektor yang dikomandoi Maman Abdurahman itu akan mendapat tantangan yang cukup besar. Pasalnya, sejak batal mengontrak Michael James Coyne, "Pangeran Biru" pun belum menemukan sosok yang tepat selain masih menunggu datangnya pemain bertahan asal Suriah, Naser Al Sebai.
"Sekarang kami memang cukup kesulitan mendapatkan seorang bek tengah. Persib dipaksa mencari pemain baru untuk mengisi posisi tersebut. Pada pembicaraan kemarin, masih ingin mendapatkan pemain asing. Tapi, rupanya sekarang kita harus berani sudah berani dengan materi pemain bertahan yang ada," tuturnya.
Seperti diketahui, Djadjang Nurdjaman saat ini memiliki Maman Abdurahaman, Aang Suparman dan Abanda Herman untuk posisi central back. Komposisi tersebut, diakui Djadjang belum cukup ideal, sehingga manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) terus berusaha mencari satu pemain lagi.
Lebih lanjut, mantan pelatih Persib Bandung era 90-an itu menegaskan semua pemain harus terus berjuang hingga kompetisi Liga Super Indonesia 2013 dimulai. Menurut dia, dengan mengandalkan empat legiun asing, yakni Abanda Herman, Mbida Messi, Herman Dzumafo Epandi dan Kenji Adachihara, skuad besutan Djadjang Nurdjaman sudah cukup bisa bersaing.
Senada dengan Thohir, Maman Abdurhaman mengatakan, lini pertahanan memang menjadi pekerjaan rumah yang paling harus segera diperbaiki. Menurutnya, para pemain belakang belum cukup padu sehingga bisa menjadi titik lemah permainan Persib Bandung secara keseluruhan.

Sumber: PR
 By: Fikri

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger