Tubuh Messi Masih Gempal

29 September 2012 BLK. FACTORY (GM) - Meski beberapa kali memuji penampilan Mbida Messi, namun Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman masih merasakan ada ganjalan pada pemain asal Kamerun tersebut. Berat badan Messi dianggapnya kurang ideal.

Messi dianggap masih terlalu gempal dan memiliki kadar lemak yang tinggi. Karena itu, Djadjang meminta Messi menurunkan berat badannya sekitar 2-3 kg.

"Messi memang perlu menurunkan berat badan agar tidak mengganggu gerakannya selama di lapangan. Berat badannya harus diturunkan 2-3 kg," kata Djadjang.

Diakui Dadjang, sebenarnya tidak ada masalah dengan penampilan Messi seperti yang diperlihatkannya dalam laga uji coba melawan PSAD di Stadion Siliwangi, Kamis (27/9) lalu. Namun Djadjang menilai Messi masih membutuhkan waktu untuk menggenjot kembali fisiknya.

Sementara itu, Pelatih Fisik Persib, Dino Sefriyanto mengaku siap memberikan program latihan untuk menurunkan berat badan Messi. Salah satunya dengan memberikan tambahan joging selama 30 menit kepada Messi.

"Tambahan joging di atas 30 menit. Ini untuk membakar lemak," kata Dino.

Dia menuturkan, Messi memang perlu mendapatkan program khusus. Selain untuk membantunya mengejar ketertinggalan latihan, juga sebagai salah satu sarana adaptasi pemain berposisi gelandang tersebut dengan kondisi di Bandung.

Berbeda dengan striker Herman Dzumafo yang juga terlambat datang bergabung, Dino menuturkan, dia tidak mengkhususkan program untuk mantan pemain Arema Indonesia itu. "Kalau untuk Dzumafo, dia sambil berjalan latihan saja dengan pemain yang lain. Tidak perlu program khusus," ucap Dino.

Diikuti 20 klub

Sementara itu, Liga Super Indonesia (LSI) 2012-2013 dipastikan bakal diikuti 20 klub. Jumlah tersebut bertambah dua klub dibandingkan musim sebelumnya, setelah Semen Padang dan Persijap Jepara diterima bergabung kembali di LSI.

Rencananya, LSI akan mulai bergulir pada 5 Januari mendatang dan sebelumnya akan dilakukan launching pada 12 Desember.

Kepastian ini diperoleh setelah dalam Pre Kick-Off Meeting di Hotel Park Line, Jakarta, Kamis (27/9) malam.

Dalam rapat tersebut, PT Liga Indonesia dan klub LSI sepakat untuk menerima kembali Semen Padang dan Persijap Jepara yang sebelumnya tampil di Liga Prima Indonesia (LPI), di bawah naungan PT Liga Prima Indonesia Sportindo.

CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono mengungkapkan, persetujuan masuknya Persijap dan Semen Padang dari klub LSI sebenarnya bukan yang pertama. Sebelumnya, masuknya Persijap dan Semen Padang ke LSI sudah mendapat persetujuan lebih dulu dari Komite Eksekutif PSSI, La Nyalla M. Mattalitti.

Sehingga, lanjutnya, Semen Padang dan Persijap tinggal dilegalisasi di kongres.

"Bagi saya, itu hanya formalitas. Sebenarnya seperti yang saya sebutkan, kedua klub itu sudah mendapat persetujuan dari Komite Eksekutif, anggota Komite Kompetisi, dan klub LSI," katanya.

Dengan masuknya dua klub tersebut, Joko memastikan, adalah klub terakhir yang masuk LSI. Artinya, tak ada klub lain yang akan masuk ke ISL musim 2012/13. "Kemarin, memang ada keinginan dari Persiba Bantul, tapi ISL hanya 20 saja. Karena itu, secara formal kami sekarang tidak bisa menerima," katanya.

Namun dengan masuknya Semen Padang dan Persijap belum membuat komposisi peserta LSI menjadi final. Karena empat tim Divisi Utama yang lolos ke LSI, tetap harus bisa memenuhi persyaratan yang telah diatur. Empat klub promosi seperti Barito Putra, Persepam Madura United, Persita Tangerang, dan klub musim lalu bisa saja dicoret apabila tak memenuhi standar PT LI, selaku operator LSI.

"Yang paling utama bagi kami adalah persoalaan infrastruktur seperti stadion, tempat latihan, dan tempat-tempat pendukung seperti kantor. Tapi yang gampang dilihat adalah stadion. Kalau tidak memenuhi kriteria, tentu tidak lolos. Kami sendiri akan menetapkan klub peserta ISL musim 2012/13 pada 30 Oktober," kata Joko.

"Jika ada slot yang kosong, akan menjadi hak dari tim Divisi Utama yang sebelumnya gagal promosi, tapi lolos verifikasi. Misalnya, PSIM, Persebaya, PSBK Blitar, dan PS Sumbawa Barat," lanjutnya.

Sumber: Galamedia
By: Khansa

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger