Harus Gerak Cepat

30 July 2012 STD. PERSIB (GM) - Persib Bandung harus bergerak cepat, dalam mempersiapkan tim menghadapi musim 2012/2013. Meskipun format dan waktu kompetisi masih belum jelas, karena menunggu hasil dari Joint Committee dan Kongres bulan September mendatang, namun persiapan harus tetap dilakukan oleh tim Persib.

"Persib harus segera melakukan persiapan menghadapi musim depan, meskipun masih menunggu hasil Joint Comittee dan Kongres PSSI. Namun hal itu bukan jadi penghalang bagi Persib untuk melakukan persiapan," ujar mantan pemain Persib, Bambang Sukowiyono di sela-sela Liga Ngabuburit di Stadion Persib, Jln. A. Yani, Bandung, Minggu (29/7).

Menurut Suko-sapaan akrab Bambang Sukowiyono, Persib harus sudah menentukan berapa jumlah pemain yang akan dipertahankan. Karena jika tidak, maka dikhawatirkan pemain yang masih dibutuhkan tenaganya oleh Persib, akan dibajak oleh tim-tim lain.

"Tentunya, kondisi ini akan merugikan bagi Persib, dan akan mengganggu proses persiapan tim Persib," ungkapnya.

Berdasarkan pengalamannya, jika pemain akan habis kontrak maka manajemen tim harus melakukan pembicaraan sebulan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga pemain supaya tidak hengkang ke tim lain.

"Harus ada pembicaraan sebulan sebelum kontrak pemain berakhir dengan Persib. Sehingga akan diketahui, apakah kontrak akan berlanjut atau tidak," terangnya.

Selain harus segera memagar para pemain, Persib juga segera melakukan evaluasi terhadap kinerja tim musim lalu. Karena hasil evalausi tersebut, akan menjadi pijakan dalam melakukan persiapan untuk musim depan.

"Dalam melakukan evalausi harus didukung dengan data-data yang akurat hasil kinerja tim selama musim 2011/2012 lalu. Hasil evaluasi ini akan digunakan untuk program kegiatan menghadapi musim depan," tambahnya.

Jika evaluasi terus diundur, Suko khawatir evaluasi tidak jadi dilaksanakan. Hal ini akan berbuntut kepada hilangnya satu momen yang sangat penting.

"Dikhawatirkan evaluasi tidak jadi karena terus diundur, dan manajemen tim langsung membentuk tim. Saya khawatir jika demikian, maka persoalan yang lama di Persib akan kembali muncul dan menjadi sandungan dalam mengarungi kompetisi musim depan," tegasnya.

Sumber: Galamedia
By: Khansa

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger