Elemen Persib Harus Satu Visi

29 April 2012 PASTEUR (GM) - Terpuruknya Persib Bandung pada Liga Super Indonesia (LSI) 2011-2012 ternyata mendapat perhatian khusus dari Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. Pelatih asal Brasil tersebut sangat menyayangkan kondisi Persib yang dianggapnya sebagai tim terbaik di Indonesia tetapi tak mampu berada di papan atas.

"Bagi saya, di Indonesia ada dua tim dengan kemampuan individu terbaik. Dua tim itu, Sriwijaya FC dan Persib. Tetapi sayang Persib belum bisa berprestasi," ujar Jacksen di Hotel Topaz Jln. Pasteur, Sabtu (28/4).

Jacksen memperkirakan, terpuruknya Persib di beberapa musim ini dikarenakan elemen yang ada belum memiliki visi yang sama. Mulai dari manajemen, pelatih, pemain, suporter dan media. Empat eleman yang ada di Persib diperkirakan belum menyatu.

Menurutnya, hal yang membuat Persipura mampu berada di papan atas LSI yaitu seluruh elemen memliki visi yang sama. Manajemen bisa memberikan kepercayaan secara penuh kepada pelatih untuk menjalankan tugasnya. Sehingga pelatih bisa mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk tim.

"Manajemen harus percaya kepada saya. Dan karena dikontrak oleh manajemen maka saya harus menjawab semua tuntutan yang diberikan kepada saya," ujarnya.

Sebagai pelatih, lanjutnya, harus memiliki kepercayaan kepada pemainnya. Pelatih harus percaya para pemainnya mampu mengeluarkan seluruh potensi dan kemampuan terbaiknya.

"Dan sebagai pemain, harus tahu kewajibannya secara maksimal dalam keadaan apa pun. Para pemain harus mengikuti seluruh program yang telah dibuat oleh pelatih," ujarnya.

Terakhir, kata Jacksen, suporter dan media layaknya sebagai bensin. Suporter dan media yang membuat tim menjadi berjalan. "Kalau itu sudah dimiliki, maka kita tinggal menunggu waktu untuk sukses saja. Saya rasa itu yang belum ditemukan oleh Persib. Padahal potensi itu ada di Persib," tuturnya.

Selain itu, Jacksen mengatakan, ada satu hal lainnya yang masih menjadi ganjalan di Persib, salah satunya belum ikhlas menerima pemain dari luar. Persib masih berpikir pemain lokal bisa membawa kejayaan. Sama seperti yang diraihnya dulu.

Jika berkaca pada kiblat sepak bola dunia, lanjut Jacksen, Brasil sudah sangat terbuka. Di sana sudah ada pemain dari Argentina dan negara lainnya. "Itu juga terjadi di Inggris. Jika ingin maju, kita harus mengikuti perkembangan sepak bola dunia," katanya.

Kendati demikian, Jacksen sangat berharap Persib bisa bangkit. Sehingga bisa meningkatkan persaingan di kompetisi yang digelar. "Kalau visi itu bisa bersatu, saya yakin Persib juga bisa meraih prestasi," tegas nya.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger