Menang, Harga Mati

29 January 2012
RIFAN/GM
STD. SILIWANGI,(GM)-
Persib Bandung kembali akan bertemu dengan musuh bebuyutannya, Persija Jakarta pada lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2011-2012, di Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung, Minggu (29/1) ini. Persib pun telah mematok kemenangan sebagai harga mati pada laga nanti.
Kemenangan menjadi penting untuk mematahkan rekor buruk Persib jika menghadapi Persija. Dari 26 kali pertemuan, Persib hanya mampu menang 3 kali. Sisanya, Persib kalah atas Persija 15 kali dan seri 8 kali. Terakhir kali Persib bisa meraih kemenangan atas Persija di kandang yaitu pada Liga Indonesia 2007. Saat itu Persib mampu mencukur Persija 3-0 di Stadion Siliwangi, 24 April 2007.

Persib tentu sadar, dominasi ini harus dihentikan. Apalagi saat ini Persib sebenarnya memiliki pemain yang lebih baik dibandingkan Persija. Terlebih Persib menjalani laga klasiknya di kandang sendiri.

Bobotoh sudah tidak ingin lagi melihat scoring board Stadion Si Jalak Harupat, memampangkan angka kekalahan bagi Persib.

Di laga nanti, Persib memang harus kehilangan Aliyudin dan M. Nasuha yang masih dibekap cedera. Dengan absennya kedua pemain ini, Persib diperkirakan akan kembali menggunakan pola 4-2-3-1. Pelatih Persib, Drago Mamic diperkirakan akan memasang Moses Sakyi sebagai ujung tombaknya. Sedangkan di tengah akan berdiri Atep, Miljan Radovic, dan M. Ilham. Ketiganya akan dibantu oleh Tony Sucipto dan Hariono.

Di lini pertahanan, Drago kembali akan mempercayakannya kepada Jajang Sukmara, Abanda Herman, Maman Abdurahman, dan Zulkifli Syukur.

Optimis

Asisten pelatih Persib Bandung, Robby Darwis menyatakan optimis bisa memenangi laga nanti. Terutama jika para pemain mampu memperbaiki penampilannya dibandingkan laga sebelumnya. Beberapa kesalahan di laga sebelumnya, lanjut Robby, juga sudah coba diperbaiki. "Kesalahan saat melawan PSPS Pekanbaru tidak boleh terulang," tegasnya.

Menghadapi Persija, Robby mengaku tidak ada strategi khusus yang diberikan tim pelatih kepada para pemain. Namun para pemain telah diingatkan untuk mewaspadai gelandang tengah Persija seperti Robertino Pugliara dan Ismed Sofyan. "Kita tidak akan man to man. Tetapi siapa yang lebih dekat dengan mereka, harus menjaganya," ujar Robby.

Dengan hadirnya Hariono dan M. Ilham di laga ini, bagi Robby akan menjadi energi lebih bagi Persib. Keduanya akan menjadi tenaga baru setelah absen di laga sebelumnya. "Hariono dan Ilham tentu akan memberikan warna pada pertandingan nanti," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Persija Jakarta, Iwan Setiawan menegaskan, Persija bertekad untuk mempertahankan tren positif meraih kemenangan di kandang Persib. Memang hal ini bukan pekerjaan mudah. Pasalnya, saat ini Persib banyak diperkuat oleh pemain timnas Indonesia aktif seperti Zulkifli, Tony Sucipto, dan M. Ilham.

"Tentu ini menjadi pekerjaan rumah yang sulit bagi kami. Tetapi ini menjadi cambuk bauat kami," kata Iwan usai memimpin uji coba lapangan di Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung, kemarin.

Diungkapkan Iwan, tidak ada strategi khusus yang bakal diberikan kepada anak asuhnya. Namun ia mengaku sangat mewaspadai bola mati yang diperoleh Persib. Karena selama ini Persib memang sangat sering memperoleh gol dari bola mati.

Di laga nanti, Persija dipastikan tidak diperkuat oleh Leo Saputra yang terkena sanksi akumulasi kartu kuning dan Ramdani Lestalahu yang masih sakit. Namun Iwan mengaku telah menyiapkan pemain yang bakal menggantikannya.

"Kami masih memiliki Johan Juansyah dan Hasim Kipaw. Mudah- mudahan para pemain bisa menampilkan permainan menjanjikan untuk kemenangan Persija," ujarnya.

Rencananya laga sarat gengsi ini akan dimulai pada pukul 18.30 WIB. Laga ini akan dipimpin wasit Olehadi dari Tangerang.

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger