Persib Jangan Ragu Bersikap

29 October 2011 LODAYA,(GM)-
Anggota Komite Eksekutif PSSI, Toni Aprilani memastikan PT Liga Indonesia (LI) masih menjadi lembaga yang sah untuk mengelola Liga Super Indonesia (LSI). Pasalnya, PT LI merupakan salah satu amanah hasil Kongres Bali, Januari 2011 lalu.

"PT Liga Indonesia itu lembaga yang legal. Mereka diberi wewenang untuk menyelenggarakan liga berdasarkan hasil Kongres Bali. Hal itu masih berlaku karena untuk mengubahnya harus melalui kongres lagi," tegas Toni di Gedung Pengprov PSSI Jawa Barat, Jln. Lodaya, Jumat (28/10).

Atas alasan tersebut, lanjut Toni, maka PT LI masih berhak untuk menggelar LSI musim 2011-2012. Hal itu juga yang diyakini sejumlah tim yang telah menyatakan untuk tetap berada di LSI dan tidak akan mengikuti Liga Prima Indonesia (LPI) yang dikelola PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).

Bahkan, Toni menilai PT LPIS merupakan lembaga yang tidak berhak untuk menyelenggarakan liga. Karena selama hasil kongres belum diubah maka yang berhak untuk menyelenggarakan liga adalah PT LI.

"Seharusnya sudah tidak ada lagi keraguan bagi Persib untuk bergabung bersama dengan LSI. Karena hal itu memang yang sesuai dengan hasil Kongres Bali," kata Toni.

Menurut Toni, seharusnya Persib bisa segera bersikap. Dengan bergabung bersama LSI, Persib berarti telah menghormati hasil Kongres PSSI. Karena, Persib juga merupakan peserta Kongres Bali.

"Persib 'kan ikut waktu Kongres Bali. Dan, Persib juga ikut kongres di Solo. Maka hasil kongres juga harus diikuti," lanjutnya.

Selain itu, tutur Toni, berdasarkan hasil Kongres Bali, peserta liga berjumlah 18 klub. Sebanyak 18 klub tersebut terdiri dari 14 klub yang bertahan di LSI dan 4 klub dari promisi Divisi Utama. "Itu yang dilaksanakan PT LI. Sedangkan PT LPIS memasukkan beberapa klub yang sebelumnya tidak mengikuti LSI dan Divisi Utama. Itu jelas telah melanggar hasil kongres," jelasnya.

Kendati demikian, Toni mengaku akan tetap berusaha menyelesaikan kisruh penyelengaraan liga tahun ini. Rencananya pekan depan, Komite Eksekutif PSSI akan kembali menggelar rapat. Rapat ini akan mengagendakan penyelesaian masalah liga.

"Kita akan kembali rapat pekan depan. Kita tidak ingin masalah ini menimbulkan perpecahan," kata Toni.

Sementara itu, mantan pemain Persib Bandung, Deny Syamsudin mendesak agar Persib bisa segera menentukan sikap. Deny berharap Persib bisa mengambil sikap sesuai dengan aturan. Mulai dari Statuta PSSI, hasil kongres hingga Statuta FIFA.

"Persib lebih tahu mana yang benar. Cepat ambil sikap. Persib itu tim besar, maka harus bisa menentukan pilihan," katanya.

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger