Cambuk bagi Pemain Muda

26 September 2011 BLK. FACTORY,(GM)-
Masuknya sejumlah pemain timnas Indonesia di tim Persib Bandung pada kompetisi musim 2011/ 2012, diperkirakan akan semakin memperkecil peluang pemain muda hasil binaan untuk masuk skuad utama. Dari kerangka tim yang disiapkan pelatih Drago Mamic, bahkan hanya Atep yang masuk tim utama.

Namun bagi para mantan pemain Persib, langkah yang diambil Drago merupakan hal yang wajar. "Dengan persiapan yang singkat, wajar jika Drago hanya akan menggunakan pemain yang telah matang. Pemain yang benar-benar siaplah yang akan digunakannya," ujar mantan pemain dan pelatih Persib Bandung, Risnandar Soendoro kepada "GM", Minggu (25/9).

Namun bagi Risnandar, hal tersebut harusnya menjadi cambuk bagi para pemain muda binaan. Jangan terlalu cepat berpuas diri setelah berkostum Persib. Mereka harus lebih giat berlatih. Selain menyerap pelajaran dan ilmu dari para pemain senior lainnya.

"Sehingga jika pelatih memberikan kesempatan, pemain muda bisa langsung menjawabnya dengan sebuah pembuktian," kata Risnandar.

Diakuinya, para pemain muda sering kali terleha hanya karena telah bergabung bersama Persib. Setelah itu, proses latihan yang dijalani tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh. Akibatnya, kemampuannya tidak berkembang dan terus dianggap belum mampu untuk berlaga.

"Hal itu jangan sampai terjadi. Mereka harus bisa masuk dominasi para pemain timnas. Mereka harus bisa menunjukkan bahwa mereka memang layak bergabung bersama Persib," tegasnya.

Hal senada diungkapkan mantan pemain Persib lainnya, Nandang Kurnaedi. "Siapa pun yang telah menandatangani kontrak dengan Persib harus siap menanggung risikonya. Termasuk akan lebih banyak dibangkucadangkan. Ini juga berlaku bagi seluruh pemain," katanya.

Tetapi bagi pemain muda, lanjut Nandang, kondisi tersebut harus membuat mereka semakin bersemangat untuk berlatih. Bukan hanya menunggu kesempatan tapi mereka juga harus menunjukkan bahwa mereka layak diberi kesempatan.

"Kalau tidak bisa meningkatkan kemampuan diri, hampir dipastikan mereka akan kesulitan masuk skuad inti," terang Nandang.

Musim ini Persib memang layak disebut sebagai timnas Indonesia mini. Lima pemain timnas, M. Nasuha, Zulkifli Syukur, Hariono, Toni Sucipto, dan M. Ilham ada di skuad Persib. Pemain muda binaan seperti Sigit Hermawan tentu harus bersaing dengan Zdravko Dragicevic, Aliyudin, dan Airlangga. Sedangkan pemain seperti Wildansyah, Dudi Sunardi, Aldi Rinaldi, Rian Permana, Anggi, dan Jajang Sukmara yang lebih berposisi sebagai pemain belakang, harus bersaing dengan M. Nasuha, Maman Abdurahman, Abanda Herman, dan Zulkifli.

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger