Steve Darby Ke Persib Hanya Isapan Jempol

22 July 2011 BANDUNG – Pupus sudah jika Persib Bandung akan mendatangkan Steve Darby. Pelatih timnas U-23 Thailand ini dipastikan melatih klub India, Mohun Bagan. Laman konfederasi sepakbola Asia (AFC) yang mengutip rilis dari Mohun Bagan menyebutkan, Darby akan tiba di Kalkuta pada 24 Juli nanti. Darby akan menangani Mohun Bagan pada musim depan.

Belakangan, Maung Bandung – julukan Persib – berencana mengganti posisi pelatih kepala Daniel Roekito. Dalam daftar bursa calon pelatih Persib, Steve masuk sebagai kandidat dari beberapa nama top lokal maupun luar negeri.

Rencana Darby merapat ke Persib tidak main-main. Sumber yang dekat dengan agen Darby mengatakan komunikasi langsung dari Singapura sudah dijalin. "Komunikasi sudah dilakukan antara kedua pihak. Tinggal dilihat saja bagaimana respon Persib ke depannya. Jika lancar, negosiasi sudah bisa dilakukan minimal di awal pekan depan," terang sumber tersebut.

Darby ternyata bukan satu-satunya pelatih asal Inggris yang tertarik malang-melintang di Indonesia. Peter Taylor, mantan pelatih timnas Inggris U-21 pun sempat dihubungkan dengan Persib namun gaji besar menjadi penghalang. "Standar kontrak Taylor berada di angka $400.000 per musim atau lebih dari Rp3.5 miliar", jelasnya.

Sebagai perbandingan, mantan pelatih Persib di awal musim 2010/2011 Daniel Darko Janackovic pernah mengaku mendapat kontrak sebesar 150.000 dolar. Pada saat itu arsitek berpaspor Prancis tersebut langsung berstatus sebagai pelatih dengan bayaran paling tinggi di Indonesia. Namun, Daniel harus angkat kaki sebelum kompetisi musim lalu bergulir karena terjadi masalah pada internal tim.

Sementara, Steve saat ioni mengantungi sertifikat kepelatihan A UEFA dan menjadi instruktur FIFA di kawasan Oseania. Dia juga menjadi instruktur AFC tahun 1988. Steve pernah menjadi manajer pengembangan federasi sepakbola Australia (FAA) antara 1990 dan 1995.

Dalam 16 tahun karir kepelatihannya, Darby pernah menangani tim Olimpiade Australia, klub Malaysia Johor dan Perak. Darby sukses membawa Johor meraih trofi Piala Malaysia. Sedangkan pelatih asing yang masuk bursa diantaranya mantan juru taktik Persipura Raja Isa dan eks Rene Albert yang arsitek yang pernah meraih sukses bersama Arema Malang.

Meski Darby dipastikan melatih klub India, Persib nampaknya masih cukup serius untuk mendatangkan pelatih Persija Jakarta musim lalu Rahmad Darmawan. Rahmad yang kini juga menangani tim nasional (Indonesia) akan selesai kontraknya pada 15 Agustus.

Pertimbangan untuk mendatangkan pelatih lokal juga sudah dikampanyekan Manajer Persib Umuh Muchtar awal bulan lalu. Pelatih lokal dianggap akan memudahkan komunikasi dengan para pemain. (Huyogo Simbolon/Koran SI/msy)

Sumber: OkeZone
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger