Siapkan Pelatih Alternatif!

22 July 2011 GURAME,(GM)-
Mantan stoper Persib Bandung, Yadi Mulyadi menyatakan dukungannya terhadap manajemen klub Persib yang memilih Rahmad Darmawan sebagai pelatihnya pada musim depan. Meskipun demikian, Yadi menyarankan, Persib harus tetap menyiapkan pelatih alternatif untuk mengantisipasi kemungkinan RD --panggilan Rahmad Darmawan-- menjalani kontrak jangka panjang dengan tim nasional Indonesia.

"Secara pribadi, saya kenal dekat dengan RD. Dia pemain seangkatan saya. Dia pelatih bagus dan punya komitmen terhadap pemain muda lokal. Makanya, kalau memang benar RD akan menangani Persib, saya kira cukup bagus," kata Yadi usai menghadiri acara sosialisasi pedoman dasar, peraturan organisasi, sekolah sepak bola (SSB) yang digelar Pengcab PSSI Kota Bandung untuk klub anggotanya di Jln. Gurame No. 2 Bandung, Kamis (21/7).

Dikatakan Yadi, "kebiasaan" RD membawa gerbong pemainnya bukan merupakan masalah. "Pelatih harus diberi kebebasan untuk memilih pemainnya. Pengurus tidak boleh intervensi. Jadi, sejauh untuk kepentingan prestasi, saya kira tidak masalah. Saya juga percaya, meskipun begitu, RD tetap akan memberikan kesempatan lebih kepada para pemain lokal binaan Persib sendiri," katanya.

DR lagi

Terkait dengan adanya kemungkinan RD dikontrak jangka panjang oleh PSSI, Yadi menyarankan agar manajemen klub Persib tetap menyiapkan pelatih alternatif. Dalam pandangan Yadi, dibandingkan dengan mencari pelatih lain, Persib lebih baik memilih Daniel Roekito untuk melanjutkan tugasnya, jika RD harus menangani tim nasional.

"Kalau RD akhirnya harus menangani tim nasional, saya kira DR (sapaan Daniel Roekito, red) bisa jadi alternatif. Menurut saya, musim lalu DR tidak gagal. Sebab, dia baru masuk ketika kompetisi sudah berjalan. Saya yakin, kalau DR diberi kesempatan lagi, hasilnya akan lebih baik," kata pemain yang baru gantung sepatu dalam usia 41 tahun usai membela Persires Rengat di Divisi Utama Liga Indonesia (LI) 2009/2010 ini.

Tapi, terlepas dari siapa pun pelatih yang nantinya akan menangani Persib, Yadi menyarankan kepada manajemen tim untuk memberi kewenangan penuh dari sisi teknis. "Ini sebenarnya bukan hanya persoalan di Persib, tapi juga kebanyakan klub di Indonesia. Saya sarankan, pengurus jangan terlalu mengintervensi pelatih," katanya. (B.82)**

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger