Persib Bidik Peluang di Piala Indonesia

27 March 2011
BANDUNG – Kick Off Piala Indonesia (PI) 2011 seperti diketahui akan digelar pada awal Mei. Kompetisi bergengsi yang akan melibatkan klub-klub dari kasta tertinggi sampai Divisi I, yaitu Piala Indonesia (PI) 2011, akan segera digelar.

Dalam 32 peserta, Persib Bandung merupakan salah satu dari delapan klub yang berhasil masuk ke babak delapan besar pada Piala Indonesia 2010. Tujuh tim lainnya adalah Pelita Jaya, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persik Kediri dan Arema Malang. Sementara Palembang, Surabaya, Malang, dan Jayapura menjadi venue babak 16 besar.

Meski dalam kenyataan penyelenggaraan PI tahun ini diperkirakan molor empat bulan, persiapan Persib tahun ini dalam menghadapi Piala Indonesia (PI) masih belum jelas. Setelah peluang juara Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011 tertutup, Manajer Persib Umuh Muchtar memang optimistis timnya bakal menyabet satu gelar juara PI 2011.

"Di LSI kami memang berat juara. Tapi di Piala Indonesia peluangnya sangat terbuka lebar. Apa salahnya kalau kita kejar target juara di Piala Indonesia," kata Umuh kala itu.

Target manajer Persib ini muncul setelah Persib melakukan penyegaran pemain dengan merekrut tiga pemain asing yakni Abanda Herman (Kamerun), Matsunaga Shohei (Jepang) dan Miljan Radovic (Montenegro). Ketiganya kini menjadi andalan pelatih Daniel Roekito untuk memperbaiki prestasi Persib yang sempat anjlok di ajang LSI musim ini.

Dalam mendatangkan tiga pemain tersebut, Abanda yang semula bakal memperkokoh barisan pertahanan Maung Bandung sudah memberikan jawaban. Sedangkan Matsunaga dan Radovic juga telah memanjakan barisan depan dengan umpan-umpan matang. Catatan penting bagi ketiganya, sudah menyumbangkan gol yang membawa kemenangan bagi tim.

Nasib Persib dalam beberapa musim terakhir terbilang membanggakan. Punggawa Maung Bandung terbilang spesial berkat kehadiran sejumlah pilar tim nasional. Modal yang berharga bagi Persib musim ini untuk meraih gelar PI untuk pertama kali.

Di musim lalu, Maung Bandung berhasil menembus babak 8 besar PI. Hanya, waktu itu Arema unggul agregat saat pertemuan pertama menang 3-0 dan di Bandung dibalas 3-2. Apalagi, 10 gol yang dicetak striker Christian Gonzales waktu itu membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak Piala Indonesia 2010.

Persib menemui kendala menurunnya produktivitas gol dan lebih sering kebobolan di musim ini. Lini belakang masih lemah. Daniel harus bekerja keras untuk bisa berbuat lebih baik lagi dalam menangani Persib. Sebab, PI merupakan gelar bergengsi yang bisa menghantarkan Persib menuju kompetisi Piala AFC. Bahkan tidak menutup kemungkinan masuk Liga Champions Asia (LCA).

Sementara itu, peserta PI 2011 akan berjumlah 32 peserta, yang terdiri 15 klub Superliga Indonesia, klub finalis DIvisi I dan sisanya diambil dari Divisi Utama yang mengalami penambahan kuota setelah tiga klub Superliga mengundurkan diri.

CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono beberapa waktu lalu mengungkapkan, PI tetap mengadopsi sistem home tournament. ”Jumlah peserta tidak berubah. Babak 32 besar PI tetap dimulai April. Kami masih memberlakukan sistem home tournament,” kata Joko kala itu.

PI diperkirakan baru menyelesaikan babak 16 besar pada Juni atau awal Juli. Sebab, PI harus berbagi space waktu dengan putaran kedua ISL. Babak 8 besar PI sampai final baru digelar September.

Joko menambahkan, PI akan selesai sebelum deadline pendaftaran klub ke Liga Champions Asia (LCA). Seandainya musim depan Indonesia mendapat kuota sama di Asia, juara PI akan bermain di play-off LCA. Mereka langsung merumput di Piala AFC, bila gagal melewati fase play-off LCA. Joko menambahkan, agenda PI akan kelar pada November.

"Babak 16 besar baru selesai paling lambat Juli. Babak berikutnya sampai final digelar setelah Lebaran. Semua sudah harus selesai sebelum pendaftaran LCA,” tandasnya.
Sumber: OkeZone
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger