PINDAH KE LIGA PRIMER MENJADI SOLUSI

25 January 2011

BANDUNG, (PR).-
Sebagian besar bobotoh menilai pindah dari Liga Super Indonesia (LSI) ke Liga Primer Indonesia (LPI) menjadi solusi terbaik bagi Persib Bandung yang sering kali merasa dirugikan kepemimpinan wasit di LSI. Hal itu salah satunya mencuat pada laga Persib kontra Arema Indonesia Minggu (23/1) yang diwarnai kericuhan. Bobotoh begitu jelas meminta Persib berkiprah di LPI lewat nyanyian, teriakan, dan bentangan spanduk.

"Sebagai bobotoh saya melihat masa depan Persib tidak jelas bila berada di kompetisi yang diurus oleh organisasi yang kusut seperti PSSI sekarang. Saya lihat LPI memiliki harapan lebih menjanjikan untuk menjadi solusi bagi Persib," ujar Panglima Viking, Ayi Beutik saat dihubungi di Bandung, Senin (24/1).

Ayi menilai PSSI merupakan akar permasalahan kacaunya kompetisi sepak bola di Indonesia. Ia melihat PSSI sebagai benang kusut dan menjadi organisasi dengan manajemen yang jauh dari harapan publik sepak bola.

"Saya pikir bertahan di liga PSSI pun akan terus banyak polemik, politik, tidak bisa berkembang dan banyak melahirkan tindakan anarkistis seperti ricuh kemarin," ujarnya.

Menurut dia, kericuhan tidak bisa sepenuhnya menyalahkan penonton. Namun hal itu lebih pada bentuk akumulasi kekecewaan selama ini. Dengan begitu, harus ada solusi nyata untuk memperbaiki sepak bola Indonesia yang memang sudah seperti itu. "Kalau begini terus, mau sampai 20 tahun lagi juga akan tetap kusut dan tidak berkembang," ujarnya.

Sementara Sekjen Bomber, Nevi Effendi menilai LPI memang menjadi salah satu solusi bagi Persib. Sebagai bobotoh ia pun mendukung Persib untuk maju di kompetisi mana pun. Namun begitu, menurut dia, pindah ke LPI dapat menjadikan polemik bagi Persib. Sebab yang utama bagi bobotoh adalah prestasi.

"Pindah ke LPI bisa jadi hanya spontanitas dan akumulasi kekesalan bobotoh terhadap kualitas kompetisi dan mandeknya prestasi Persib yang sudah tiga kali ganti pelatih di musim ini," katanya.

"LPI bisa menjadi solusi, tetapi mungkin saat ini lebih baik klub-klub bersatu untuk berdemo dan mengubah kondisi PSSI. Namun bila pindah ke LPI sebagai bobotoh siap mendukung Persib di kompetisi mana pun," ujarnya.

Manajemen Persib sendiri saat ini tengah memikirkan solusi terbaik bagi Persib di te-ngah keinginan sebagian besar bobotoh untuk pindah ke LPI.

"Kami akui saat ini banyak bobotoh yang mendesak Persib pindah ke LPI. Kami secepatnya akan menggelar pertemuan dengan pengurus yang lain untuk menentukan langkah terbaik bagi Persib. Kita ambil jalan terbaik yang enak untuk semua secepatnya," ujar Manajer Persib Umuh Muchtar yang dihubungi secara terpisah.

Namun begitu, Umuh merasa kecewa terhadap ulah bobotoh yang ricuh dan melakukan perusakan. Menurut dia, ulah sebagian bobotoh tersebut justru semakin merugikan Persib.

"Bobotoh seharusnya dewasa. Marah boleh asal jangan merusak. Kalau ricuh seperti kemarin, Persib sendiri yang rugi. Kita harus membayar ganti rugi kerusakan yang tidak sedikit, belum lagi ancaman sanksi," ucapnya. (A-190)***

Sumber: PR

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger