LIGA PRIMER MEMBUKA PINTU LEBAR BAGI PERSIB

25 January 2011

JAKARTA, (PR).-
Konsorsium Liga Primer Indonesia (LPI) membuka pintu lebar-lebar bagi Persib Bandung jika berminat pindah ke kompetisi yang sudah tidak menggunakan dana APBD ini. Dengan bergabungnya Persib ke LPI, maka akan semakin mempercepat perkembangan ke arah industri sepak bola profesional di Indonesia.

Humas LPI Abi Hasantoso mengatakan, saat ini LPI sedang kebanjiran peminat. Sedikitnya ada tiga klub yang sedang mereka verifikasi, dan ada tiga klub yang sempat mengutarakan keinginannya bergabung kepada media, yakni Persik Kediri, Persijap Jepara, dan Persib Bandung. Namun, terkait dengan Persib, menurut Abi, pihaknya akan membuka pintu selebar-lebarnya jika memang Persib ingin bergabung.

"Kehadiran Persib akan memberikan dampak positif bagi industri sepak bola yang sedang mereka bangun. Namun memang, hingga saat ini belum ada pertemuan antara konsorsium Persib dan pihak LPI," ujarnya.

Terkait dengan satu tempat sisa jatah klub yang ada di LPI, menurut Abi, dengan masuknya banyak klub yang berminat, maka bukan tidak mungkin akan ada perubahan skema klub yang akan bertanding pada kompetisi. "Jika Persib masuk, dia akan menjadi prioritas. Kami akan langsung setujui, dan menjadikan Persib klub ke-20 atau klub terakhir jika menggunakan skema awal, yakni 20 klub. Namun, jika klub lain yang sudah lolos verifikasi berminat, ada kemungkinan penambahan menjadi 22 klub," katanya.

Menurut Abi, ada beberapa kriteria yang menjadikan Persib mendapat prioritas utama. Persib merupakan klub legendaris, memiliki prestasi yang stabil, menjadi salah satu klub yang menyumbangkan pemain timnas terbanyak. Lalu, memiliki suporter yang banyak tetapi terorganisasi, serta sudah tidak lagi bergantung kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk menghidupi klub.

"Persib itu sudah tidak perlu diverifikasi, tidak ada masalah lagi, karena memang mereka sudah menjalani klub profesional sejak dua tahun lalu, dengan dikelola konsorsium sebagai badan hukum. Verifikasi yang akan kami lakukan hanyalah apakah Persib mau bergabung atau tidak, jika mau, mereka tinggal jalan," ujarnya.

Masuknya Persib ke LPI, kata Abi, tidak menutup kemungkinan akan diikuti tim-tim besar lainnya. Dengan begitu, menurut dia, semakin mempercepat perkembangan sepak bola yang positif dan profesional. "Rencana promosi dan degradasi yang awalnya direncanakan baru bisa berjalan pada tahun ketiga, kemungkinan bisa dipercepat menjadi tahun kedua, setelah melihat antusiasme dan banyaknya klub yang ingin masuk," ucapnya. (A-161) ***


Sumber: PR
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger