PERSIB JANGAN TERLALU ANDALKAN PEMAIN TIMNAS

27 December 2010

PEMAIN belakang Persib, Nova Arianto, mengoper bola saat mengikuti latihan di Lapangan Brigif 15 Kujang 2 Kota Cimahi, Rabu (22/12). Persib batal menggelar latihan di Stadion Siliwangi karena pengelola masih melakukan perbaikan.* ADE BAYU INDRA/"PR"

BANDUNG, (PR).-
Pemain Timnas Indonesia tidak akan selalu menjadi tumpuan Persib. Pasalnya, Daniel Roekito mampu mengoptimalkan seluruh pemain. Hal itu terbukti ketika Persib melakoni laga amal melawan Persema Malang, Sabtu (18/12) lalu. Tanpa pemain timnas, penampilan Atep dkk. tetap bagus.

Demikian diungkapkan mantan Asisten Pelatih Persib, Yusuf Bachtiar, yang ditemui pada peluncuran Bandung Football Club (BFC) di salah satu kafe di Jln. Taman Pramuka Bandung, Minggu (26/12) petang. Menurut dia, apabila pemain timnas lengah, bisa saja tergusur dengan pemain muda. "Jadi, pemain harus memahami keinginan pelatih apabila ingin terus bermain," katanya.

Sementara itu, Yusuf menilai, setelah Daniel menukangi Persib telah menunjukkan kemajuan, terutama pada karakter permainan Persib. Pola permainan mengutamakan satu dua sentuhan. "Daniel menyukai pemain yang berani mengambil bola dari lawan dan melakukan sentuhan," katanya. Mengenai pola yang diterapkan Daniel, Yusuf menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih. Pemain harus bisa mengikutinya.

Sementara itu, Adeng Hudaya yang ditemui pada kesempatan yang sama mengatakan, pemain Persib jangan berleha-leha dan harus bersungguh-sungguh dalam latihan. "Hampir semua pemain sepak bola di Indonesia ingin main di Persib. Kalau Persib tidak menunjukkan prestasi, bisa saja BFC menjadi pusat perhatian bobotoh. Dengan demikian, jangan sampai prestasi Persib menurun," katanya.

Terkait dengan pemain timnas, Daniel lebih memilih berkompromi. Ketika Persib akan menghadapi kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) melawan Sriwijaya FC pada 2 Januari 2011 nanti, ia akan menanyakan kesanggupan mereka terlebih dahulu setelah mereka selesai membela timnas. Apabila pemain tersebut mau untuk turun membela Persib ketika lawan Sriwijaya, Daniel pun tak akan ragu untuk memberikan kepercayaannya kepada mereka.

"Dari segi kondisi fisik, saya tidak khawatir dengan para pemain timnas, mereka berlatih tiap hari. Akan tetapi, yang saya ragukan adalah mental mereka. Apakah mereka mau main atau tidak," katanya sebelum bertolak ke Yogyakarta pekan lalu.

Daniel mengaku tidak terlalu masalah apabila pemain timnas tidak sanggup atau bahkan absen. Menurut dia, masih banyak pemain yang telah ia bina selama ini bisa menjalani instruksinya dengan baik. Banyak pemain yang dapat diberdayakan. Persib pun tidak akan kehabisan tenaga-tenaga segar karena bisa memaksimalkan kuota pemain yang ada. "Kita masih bisa gonta-ganti pemain dan rotasi pemain," ujarnya.

Daniel tidak memungkiri, kelelahan seusai membela timnas akan dialami keempat anak asuhnya. Pasalnya, dengan jeda waktu yang singkat dan dua tempat yang berbeda, pemain dituntut untuk tampil prima. "Saya menghargai mereka jika bisa bermain di Palembang. Namun, saya tanya dulu kesanggupan mereka dulu. Siap atau tidak untuk bertanding," katanya.

Sebelumnya, Daniel mengatakan, hal tersebut bukan berarti dia menomorduakan pemain yang berlatih saat ini. "Mereka (pemain nontimnas) jangan merasa menjadi yang kedua. Mereka itu yang terbaik, makanya ada bersama di Persib. Hal itu harus kita tanamkan. Pemain harus memiliki mental tanding dan mental juara," ujarnya

Sementara itu, pada Senin (27/12) ini, Persib batal menggelar sesi latihan di Stadion Siliwangi karena pihak pengelola masih melakukan perbaikan. Dengan demikian, Persib akan menggelar latihan di Lapangan Sepak Bola Brigif 15 Kujang II, Kota Cimahi.

"Persib akan menggunakan lapangan Siliwangi mulai Selasa hingga Kamis. Setelah itu, kami akan bertolak ke Palembang, Jumat (31/12)," kata Wakil Manajer Persib Dedy Firmansyah yang dihubungi terpisah. Pada latihan Senin ini, Daniel akan kembali memimpin setelah pulang kampung dalam rangka merayakan Natal.

Mengenai uji coba, Dedy mengatakan, dia belum menerima kepastian mengenai lawan yang akan dijajal. Uji coba yang akan dijadwalkan pada Selasa (28/12) nanti dipastikan akan tetap digelar di Siliwangi. (A-183)***

Sumber: PR

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger