Potensi Pemain Muda Belum Tergali

5 November 2010 BLK. FACTORY,(GM)-
Potensi pemain muda yang ada dalam skuad Persib Bandung pada Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011 ini dinilai belum dioptimalkan. Padahal, di tengah keterpurukan prestasi Persib saat ini, menyusul menurunnya performa sejumlah pemain senior yang menjadi langganan starter, potensi pemain muda bisa menjadi solusi untuk mengangkat performa tim.

"Setidaknya, pemain muda masih punya semangat, motivasi dan daya juang tinggi. Memainkan mereka akan lebih berguna ketimbang memaksakan pemain senior yang kondisinya sedang tidak bagus," kata eks pelatih Persib U-21, Mustika Hadi.

Berdasarkan catatan "GM", dari 24 pemain yang menjadi anggota skuad Persib pada musim ini, pelatih Jovo Cuckovic baru memainkan 17 pemain. Tujuh pemain, lima di antaranya pemain muda sama sekali belum dilirik pelatih asal Serbia ini. Kelima pemain muda tersebut adalah Yudi Khoerudin (bek), Munadi, Rendi Saputra, Dias Angga Putra dan Muhammad Agung Pribadi (tengah). Khusus untuk Rendi, Dias dan Agung yang baru musim ini dipromosikan ke tim senior dari tim U-21, mereka sama sekali belum pernah "dibajuan" alias kesempatan untuk sekadar duduk di bangku cadangan.

"Jika seorang pelatih hanya menurunkan 14 dari 24 pemain yang ada, berarti kapasitas hanya mampu meng-cover ke-14 pemain tersebut. Sebab, dia tidak mampu menggali potensi pemain lainnya," tegas Mustika yang musim lalu mengantarkan Persib U-21 menjuarai LSI 2009/2010.

Dari sederet pemain muda yang dimiliki Persib, Yudi Khoerudin dan Munadi dinilai paling pantas diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sebagai anggota tim nasional Indonesia U-23, Yudi dinilai bisa memerankan tugas Nova atau Maman yang performanya sedang dalam sorotan publik. Begitu juga dengan Munadi, dalam beberapa laga yang dimainkannya pada musim lalu, penampilan pemain terbaik LSI U-21 2009/2010 dinilai cukup lumayan.

Sudah disampaikan

Asisten pelatih Persib, Robby Darwis mengakui adanya penurunan performa pemain langganan starter, khususnya di lini belakang. Mantan kapten Persib dan tim nasional Indonesia ini pun mengakui kalau Yudi dan Munadi punya potensi menjanjikan dan layak diberi kesempatan bermain menggantikan seniornya.

"Sebagai pemain muda, Yudi dan Munadi memang pantas diberikan kesempatan. Selain secara teknis cukup bagus, mereka juga pasti punya motivasi dan semangat tempur yang lebih baik untuk Persib. Sebab, keduanya merupakan pemain binaan yang dibesarkan Persib," kata Robby.

Jika hingga saat ini kedua pemain tersebut belum juga diberi kesempatan bermain, Robby membantah jika dirinya tidak pernah memberi masukan kepada pelatih kepala. "Soal rapuhnya lini belakang akibat penurunan penampilan pemain senior dan potensi Yudi dan Munadi sudah saya sampaikan kepada pelatih kepala. Tapi, keputusan akhir menurunkan pemain itu ada di tangan pelatih kepala," tegas Robby. (B.82)**

Sumber: Galamedia
By: BP

1 comments:

Anonymous said...

kang Robby bisa aja tuh ngeles, takut disalahkeun meureun...jumawa we atuh kang...

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger