"Belum Bisa Enjoy Seperti Dulu"

5 November 2010 LIGA Super Indonesia (LSI) 2010/2011 sepertinya menjadi musim yang berat buat Nova Arianto. Lini belakang Persib Bandung yang dikomandoinya dinilai sangat keropos. Performa anggota tim nasional Indonesia ini pun dianggap menurun. Keputusannya untuk menanggalkan ban kapten usai kekalahan 1-4 dari Deltras Sidoarjo, 2 Oktober lalu, menunjukkan kalau kepercayaan dirinya pun sedang berada di titik terendah.

Semua itu ternyata disadari Nova. Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-32, Kamis (4/11), kepada "GM", putra pelatih Sartono Anwar ini mengungkapkan berbagai hal tentang kondisi terkini dirinya, perasaan dan harapannya bersama Persib ke depan. Berikut petikan wawancara dengan Nova yang tengah merayakan hari jadi bersama keluarganya di Yogyakarta.

GM: Selamat ulang tahun, Va. Punya harapan di hari jadi yang ke-32 ini?

Nova: Terima kasih. Harapan pasti ada. Saya cuma berharap masih bisa memberikan kemampuan terbaik saya buat Persib dan tim nasional. Tapi, harapan terbesar saya sekarang adalah bisa membantu Persib keluar dari kondisi seperti ini.

GM: Bagaimana perasaan kamu lihat kondisi Persib sekarang?

Nova: Tentu saja, saya sangat sedih lihat kondisi Persib seperti ini.

GM: Banyak orang menilai, performa Nova sedang menurun. Kamu merasakannya?

Nova: Tentu saja saya merasakannya, karena lini belakang lagi disorot. Tapi memang, kondisinya lagi begini. Terus terang, saya belum bisa enjoy dalam bermain seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi bagaimanapun saya akan tetap berusaha memperbaiki diri dan berusaha memberikan kemampuan terbaik saya untuk Persib.

GM: Persib punya waktu libur dua bulan sebelum memainkan laga berikutnya. Setujukah kamu kalau waktu libur dua bulan ini dioptimalkan untuk membenahi kinerja tim secara keseluruhan yang tentu saja dengan program latihan yang jelas. Anggap saja, kompetisi buat Persib baru dimulai pada bulan Januari nanti?

Nova: Kalau saya setuju begitu. Tapi masalahnya adalah timnas. Jadi kita tidak bisa latihan bersama. Kalau boleh memilih, saya pasti ingin tetap bersama Persib. Tapi, tahu sendiri risikonya.

GM: Punya masukan lain yang bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan performa Persib?

Nova: Saya pikir, skema 3-5-2 mungkin akan membuat Persib lebih baik ke depannya.

GM: Maukah pelatih mengubah pola 4-4-2 ke 3-5-2?

Nova: Nah, itulah masalahnya. Sebenarnya, saya pernah menyampaikan hal itu (mengubah pola ke 3-5-2, red) setelah kekalahan dari PSM. Saya tidak tahu apakah sekarang pelatih mau menerima masukan itu. (endan suhendra/"GM")**

Sumber: Galamedia
By: BP

1 comments:

Anonymous said...

coba waktu senggang ini, persib ngelakuin sparing partner dengan 2 atau 4 team divisi utama, yang satu memakai pola 4-4-3, yang satu pakai 3-5-2...mana yang lebih produktif nantinya bisa dilihat...tapi tetep pemain harus sepenuh hati..

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger