Rivalitas Bepe-El Loco

31 October 2010 JAKARTA(SINDO) – Persaingan ketat terjadi di lini depan timnas Indonesia yang disiapkan menghadapi Piala AFF 2010,1–29 Desember. Enam striker terbaik harus bersaing demi status starter.

Timnas sebelumnya sudah menetapkan enam bomber dari 30 amunisi yang didaftarkan ke AFF. Mereka adalah Bambang ‘Bepe’ Pamungkas (Persija), Boaz Solossa (Persipura),Yongki Aribowo (Arema),Budi Sudarsono (Sriwijaya FC), plus dua naturalisasi Cristian Gonzales (Persib), dan Irfan Bachdim (Persema). Namun, Merah Putih hanya memanggil lima dari enam nama itu pada training camp (TC) permanen mulai Senin (8/11).

Timnas tampaknya mempertimbangkan status Budi yang masih berkutat dengan cedera seusai laga SFC kontra Deltras. ”Kami akan memanggil lima striker saat TC tahap ketiga.Total pemain yang dipanggil 25. BTN nanti akan mengumumkan namanya. Khusus striker, timnas hanya memanggil pemain yang siap saja,”ungkap Asisten Pelatih Timnas Wolfgang Pikal kemarin. Merah Putih mengklaim sudah menyiapkan skema baku,yaitu 4-4-2 dan 4-4-1-1.

Mereka juga menyiapkan skenario alternatif 4-2-3-1. Mengacu pada komposisi itu, timnas harus melakukan seleksi ketat. Sebab, Bepe dan Gonzales punya tipe sama sebagai target man.Bila Merah Putih mengadopsi skema 4-4-1-1 atau 4-2- 3-1, salah satu bisa dikatakan tersisih. Memakai dua striker pun kebijakan sama tampaknya akan berlaku. ”Mereka memiliki tipe sama di box,sedikit bergerak.Kami pasti pilih salah satu,”katanya.

Merumput bersama Persija, Bepe sudah mengoleksi lima gol dengan durasi bermain 540 menit atau 100%. Satu gol dibuat saat Macan Kemayoran menaklukkan Persib dengan skor 3-0, Sabtu (30/10). El Loco–julukan Gonzales– punya rapor bermain 450 menit atau 100% dengan produktivitas dua gol.Namun, status starting line-up saat ini tampaknya baru menjadi milik Boaz.Bochi– sapaannya–sedang on firedengan koleksi 10 gol hasil dari bermain 540 menit atau 100%.

”Pada dasarnya semua pemain harus bekerja keras untuk mendapatkan tempat utama.Tapi, performa Boaz memang naik. Kami akan melihat perkembangan mereka pada TC, apalagi nanti ada tiga uji coba. Waktu tiga pekan akan dipakai untuk mencari formula terbaik untuk menaikkan produktivitas gol,”ujarnya. Bila status Bepe dan El Loco digantung, tidak dengan striker naturalisasi Irfan.Merah Putih mengaku memberikan prioritas lebih.

Striker Persema itu sudah merumput selama 442 menit atau 82% dengan produktivitas tiga gol. Rapor lebih baik dari bomber Arema Yongki yang mencetak satu gol, meski bermain 247 menit atau 46%. Namun, kursi panas juga menjalar rata karena timnas memanggil 25 nama. Minus Budi, Ferry Rotinsulu (SFC), Eka Ramdani (Persib), atau M Nasuha (Persija) terancam berstatus cadangan.

”Di antara dua nama itu, kami tampaknya memilih Irfan. Dia lebih bagus. Tapi, semua pasti akan dilihat lagi. Kami juga ingin persaingan kompetitif muncul di depan.Untuk lima nama yang tidak dipanggil, nanti akan diumumkan BTN,”tandasnya. (wahyu argia)

Sumber: SINDO
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger