Dihajar Persija 3 Gol Tanpa Balas

31 October 2010
Maung Bandung Tampil Buruk
IMAM CAHYADI/GM
PEMAIN Persib, Pablo Frances (kiri) kalah cepat dari kiper Persija, Hendro Kartiko, pada lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (30/10). Persib kalah dari Persija 0-3.
JAKARTA,(GM)-
Persib Bandung tidak punya daya untuk sekadar menghindari kekalahan dari Persija Jakarta pada pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (30/10). Dalam pertandingan tersebut, "Maung Bandung" ditekuk "Macan Kemayoran" 3-0 (0-0) lewat gol-gol yang dicetak Greg Nwokolo menit ke-51, Aliyudin (65), dan Bambang Pamungkas (77).

Akibat kekalahan ketiga dalam lima laga tersebut, Persib semakin terbenam di peringkat ke-14 klasemen sementara, atau satu strip di atas zona degradasi, karena baru mengumpulkan nilai 4. Dengan total nilai tersebut, Persib sangat mungkin terperosok ke zona merah pada pekan ini.

Kekalahan tersebut membuat seluruh anggota skuad Persib tertunduk saat meninggalkan lapangan. Rona kekecewaan juga tergambar jelas dari seluruh anggota ofisial Persib, tak terkecuali Manajer Persib, H. Umuh Muchtar. Sebaliknya, kubu Persija berpesta. Puluhan ribu Jakmania yang memadati SUGBK terus mengelu-elukan tim kebanggaannya itu.

Usai pertandingan, pelatih Persib, Jovo Cuckovic mengungkapkan kekecewaan atas permainan anak asuhnya. Menurutnya, hampir semua pemainnya bermain buruk di babak kedua. "Sebenarnya, penampilan kita di babak pertama sudah bagus. Tapi, di babak kedua, pemain tidak sebagus babak pertama. Hampir semua pemain bermain tidak bagus," kata pelatih asal Serbia itu.

Di mata Jovo, pada babak kedua, para pemainnya tampil tidak sekompak babak pertama. "Pemain juga tampil secara individual. Mereka kehilangan pressing, terutama pemain belakang. Akibatnya, kita kebobolan tiga gol," kata Jovo, yang menolak membicarakan strategi dan rencananya untuk pertandingan Persib berikutnya.

Sebaliknya, pelatih Persija, Rahmad Darmawan memuji perlawanan yang diberikan Persib dalam pertandingan ini. Menurut pelatih yang akrab disapa RD ini, kunci kemenangan timnya dalam pertandingan klasik ini adalah kemampuan Bambang Pamungkas dan kawan-kawan mengatur irama permainan di babak kedua.

"Di babak pertama, anak-anak bermain tanpa ritme yang benar. Akibatnya, banyak peluang terbuang. Sementara di babak kedua, anak-anak sudah bisa mengatur ritme permainan dengan baik. Hasilnya, alhamdulillah kita bisa mencetak tiga gol ke gawang Persib," kata mantan pelatih Sriwijaya FC ini.

Ketika diminta penilaiannya tentang permainan Persib, RD menolak memberikan komentar. "Saya tidak berhak mengomentari permainan Persib. Tapi, saya berterima kasih karena Persib telah memberikan perlawanan yang sportif," kata RD.

Tensi tinggi

Dipimpin wasit Djumadi Effendi, tensi permainan kedua tim langsung tinggi. Hanya dalam rentang waktu dua belas menit, wasit sudah mengeluarkan tiga kartu kuning masing-masing untuk Nova Arianto dan Hariono (Persib) serta Syamsul Bachri Chaerudin (Persija).

Pada menit 20, Cristian Gonzales sempat membuat Jakmania terdiam karena ia mampu menjebol gawang Hendro Kartiko. Namun karena posisinya sudah offside, gol tersebut dianulir wasit. Meski kedua tim sempat menciptakan sejumlah peluang matang, baik Persija maupun Persib tidak mampu mencetak gol di babak pertama ini.

Di babak kedua, Persib sempat menggebrak lewat tendangan bebas Atep. Namun, Persija berbalik menekan. Hasilnya, pada menit 51, Greg Nwokolo membuka keunggulan tuan rumah ketika tendangannya menaklukkan penjaga gawang Persib, Markus Horison Rihihina.

Tertinggal 0-1, Persib secara beruntun memasukkan Isnan Ali menggantikan Gilang Angga Kusumah dan Jejen Zaenal Abidin menggantikan Siswanto. Tapi, bukan keluar dari tekanan, gawang Persib malah kebobolan untuk kedua kalinya pada menit 64, lewat Aliyudin yang baru masuk menggantikan Octavianus pada menit 58.

Ketinggalan 0-2, Persib berupaya membalas. Tapi, tekanan dari Persija pun tak menurun. Setelah melewatkan beberapa peluang, Bambang Pamungkas akhirnya menggenapkan keunggulan Persija menjadi 3-0 lewat sontekannya pada menit 77. Persib sempat memasukkan Rachmat Affandi menggantikan Wildansyah pada menit 79. Namun, skor tak berubah. (B.82)**

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger