Sukses Instruksi dari Balik Jeruji

29 September 2010 PELATIH anyar Persib Bandung, Jovo Cuckovic terpaksa harus memberikan instruksi kepada para pemainnya dari balik jeruji pagar pembatas lapangan yang berada tepat di belakang bench tim "Maung Bandung". Hal itu terjadi karena status pelatih asal Serbia ini masih dalam proses verifikasi PT Liga Indonesia (LI). Karena belum disahkan, meski sempat masuk dalam daftar susunan pemain dan ofisial tim, menjelang laga namanya dicoret oleh pengawas pertandingan (PP).

Menurut laporan wartawan "GM", Endan Suhendra dan Anwari Januar Mulyana dari Stadion Surajaya Lamongan, Selasa (28/9) petang, begitu wasit Jimmy Napitupulu asal Jakarta meniupkan peluit panjang tanda kick-off dimulai, Jovo langsung "digiring" ke tribun VVIP didampingi seorang ofisial tim. Namun, Jovo hanya bertahan sekitar 30 menit duduk manis sambil mengisap rokoknya di tribun VVIP.

Dalam posisi tertinggal 0-1, Jovo pun memutuskan untuk turun ke pagar pembatas dekat bench Persib. Selanjutnya, dari balik jeruji pagar pembatas itulah, Jovo berkomunikasi dengan asistennya, Robby Darwis, dan pelatih penjaga gawang, Anwar Sanusi, termasuk instruksi pergantian tiga pemain di babak kedua.

Ketika pertama kali Jovo tidak mendampingi timnya di bangku cadangan, "GM" sudah mendapatkan informasi dari Sekretaris Tim Persib, Yudiana, kalau proses verifikasi pelatih pengganti Darko-Daniel Janackovic ini belum tuntas. "Proses verifikasinya belum dikeluarkan PT LI," kata Yudiana lewat pesan singkatnya kepada "GM".

Usai pertandingan, hal tersebut dibenarkan Manajer Persib, H. Umuh Muchtar. "Jovo memang belum bisa mendampingi tim karena ada proses administrasi di PT LI yang belum beres. Mudah-mudahan pada saat melawan Deltras, Jovo sudah bisa mendampingi tim," kata Umuh.

Seperti diketahui, proses pendaftaran Jovo sebagai pelatih kepala Persib memang agak terlambat. Hal ini karena Jovo baru diputuskan menggantikan Janackovic yang kehadirannya tidak diterima pemain di saat-saat akhir menjelang kompetisi bergulir.

Selain Jovo, ada juga beberapa pemain yang proses verifikasinya belum tuntas. Pemain tersebut antara lain Shahril Ishak, Dadang Sudrajat, dan tiga eks pilar Persib U-21, Rendi Saputra, Dias Angga Putra, dan Muhammad Agung Pribadi.

Permainan buruk

Usai pertandingan, Jovo sendiri mengaku sangat tidak puas dengan cara bermain anak asuhnya, terutama di babak pertama. "Ini permainan sepak bola. Tapi, kenapa semua pemain hanya berdiam diri? Seharusnya semua pemain bergerak dan terus bergerak. Ini permainan buruk untuk pertandingan pertama," kata Jovo berapi-api.

Karena menilai permainan anak asuhnya sangat buruk, Jovo merasa bersyukur Persib tidak sampai kalah dalam pertandingan ini. **

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger