Maung Lebih Santai

31 August 2010 PALEMBANG(SINDO) – Pertarungan seru bakal tersaji di Stadion Gelora Sriwijaya (SGS) Jakabaring malam ini.Persib Bandung harus mampu membungkam tuan rumah Sriwijaya FC untuk melaju.

Kemenangan adalah harga mati bagi Persib, jika ingin jadi jawara Grup B Djarum Inter Island (IIC) 2010 dan melaju ke final turnamen ini.Namun, klub berjuluk Maung Bandung itu tak memiliki beban seperti SFC, yang terpuruk di laga perdana. Otomatis SFC sebagai tuan rumah harus memetik hasil positif jika tak ingin malu lagi. Untuk Persib, kemenangan dramatis 3-2 atas Persiba Balikpapan dua hari lalu juga menjadi modal bagus buat mereka.

Apalagi, Pelatih Persib Daniel Darko Janackovic sudah belajar dari laga sebelumnya. Namun soal stamina, para punggawa Persib pun tingkat kebugarannya di bawah pemain SFC yang memiliki jeda lebih lama. Namun soal satu ini, Darko telah melakukan antisipasi dengan rotasi pemain yang siap dijalankannya. Dengan memaksimalkan pola 4-4-2, pelatih berpaspor Prancis ingin anak asuhnya bermain lebih santai.

Namun,Darko tetap meminta pasukannya mampu mengendalikan permainan karena itu menjadi kunci sukses Persib mengalahkan Persiba. Kolektivitas permainan memang selalu ditekankan arsitek kelahiran Serbia itu. Hanya Darko masih perlu memberikan support lebih kepada sejumlah pemain muda Persib yang belum maksimal. Para pemain itu antara lain Wildansyah, Yudi Khaerudin, Jejeng Zainal Abidin.

”Kami harus memanfaatkan betul kondisi ini untuk mengatur skema apa yang tepat dan efektif. Tentunya semua ini dilakukan agar bisa mengimbangi permainan lawan yang memiliki istirahat lebih panjang,” kata Darko kemarin. Soal kelemahan, komunikasi lini belakang Persib dinilai yang harus diperbaiki Darko menjelang laga ini.

”Karena kalau komunikasi di lapangan bagus,kami bisa mudah melancarkan serangan atau mematahkan gerak lawan,”ujarnya. Dari SFC, Pelatih Ivan Venko Kolev mengakui kalau anak asuhnya siap menghadapi Persib. Meski tanpa sejumlah pilar karena cedera seperti Budi Sudarsono dan Julio Cesar, Kolev tetap optimistis. ”Saya baru tahu kekuatan Persib saat melawan Persiba.

Saya lihat mereka bagus, tapi tetap ada beberapa kelemahan. Kami akan manfaatkan ruang lemah tersebut untuk membuat tim ini bisa mencetak kemenangan,”ujar Kolev. Soal hasil buruk SFC, eks pelatih timnas Indonesia tak banyak komentar. Menurut dia, IIC hanya jadi ujian bagi pasukannya sebelum memulai kompetisi resmi musim 2010/2011. ”Kami sudah evaluasi semuanya dan siap untuk memberikan hasil terbaik,”pungkasnya.

Sumber: SINDO
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger