Target Juara Menanti Janackovic

28 July 2010

BANDUNG, KOMPAS - Darko-Daniel Janackovic akhirnya resmi menjadi Pelatih Persib Bandung musim kompetisi 2010/2011, mengakhiri kesimpangsiuran sebulan terakhir.

Tugas berat menanti pelatih berkebangsaan Perancis-Serbia itu untuk menjadikan Persib juara Liga Super Indonesia. Janackovic menyisihkan dua nama yang diajukan manajemen Persib, yaitu Rahmad Darmawan, yang kini masih menangani Sriwijaya FC, dan Robert Rene Alberts, pelatih juara LSI 2009/2010 Arema Indonesia. Nama Janackovic mengemuka dalam bursa calon pelatih karena agennya, Jaime Rodrigo Rojas, kenal baik dengan salah satu anggota konsorsium, yaitu Ari D Sutedi.

"Salah satu klausul yang diajukan dalam rapat konsorsium adalah Darko harus bersedia mundur apabila Persib kalah tiga kali berturut-turut. Tidak peduli itu terjadi di putaran pertama atau kedua," ujar Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar di Bandung, Selasa (27/7).

Rapat konsorsium yang digelar Senin malam sedianya beragendakan evaluasi Persib selama musim kompetisi 2009/2010. Rapat yang berakhir Selasa dini hari itu juga diisi presentasi Janackovic soal visi-misi kepelatihannya. Umuh menjelaskan, awalnya Janackovic bakal dikontrak selama dua tahun, tetapi usulan tersebut dia tolak. Kemudian kontrak direvisi menjadi satu tahun dan bisa dievaluasi bertahap.

Sejak nama Janackovic disebut sebagai calon pelatih, Umuh memang menunjukkan ketidaksetujuan, dari menolak Janackovic menangani pemain dan hanya meninjau hingga melarang Janackovic menonton latihan agar tak mengganggu konsentrasi pemain. Umuh saat itu mengatakan, dia menyiapkan tiga nama calon lain, yaitu dua pelatih asing dan satu pelatih lokal. Namun, nama-nama itu tak kunjung diperkenalkan.

"Saya tetap mendukung keputusan konsorsium. Saya juga menegaskan tidak akan mundur dari Persib," ujar Umuh.

Robby Darwis, Pelatih Persib yang menggantikan Jaya Hartono di tengah musim lalu, meminta pelatih baru bisa menjawab harapan bobotoh. "Kalau nanti diminta bergabung, saya akan melihat dulu program yang dijalankan Darko," ujarnya.

Perubahan

Masuknya Janackovic dipastikan membawa perubahan pada skuad "Maung Bandung". Dalam rapat konsorsium, Janackovic membawa daftar pemain yang diinginkannya musim depan. Dari bocoran yang diungkapkan Umuh, hanya setengah skuad musim lalu yang dipertahankan. Umuh mengiyakan nama pemain kunci, seperti Maman Abdurahman, Nova Arianto, Eka Ramdani, Atep, dan Hariono.

"Dari tiga nama pemain asing yang diajukan, tidak satu pun yang saya kenali. Semuanya belum pernah berlaga di Liga Super Indonesia," ujar Umuh.

Umuh belum bersedia membeberkan lengkap nama-nama pemain yang bakal memperkuat Persib musim 2010/2011 hingga ada kepastian penandatanganan kontrak. Menurut rencana, Janackovic akan mengumpulkan seluruh pemain yang dia bentuk sendiri, Kamis ini.

Untuk komposisi pelatih, Robby masih dicantumkan dalam komposisi yang dibentuk Janackovic. Hanya, ujar Umuh, nama Yusuf Bachtiar tidak ditemukan. Dua nama itu menjadi asisten pelatih Jaya Hartono sebelum Jaya mundur dan Robby menggantikannya sebagai pelatih utama. (ELD)

Sumber: Kompas
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger