PERSIB TEMPATI POSISI KE-4

31 May 2010

PEMAIN depan Persib Bandung Cristian Gonzales gagal memanfaatkan peluang meski telah berhadapan dengan kiper PSM Makassar Samsidar, pada pertandingan Djarum Liga Super Indonesia di Stadion Siliwangi, Bandung, Minggu (30/5). Persib mengalahkan tamunya PSM dengan skor 2-0.* ANDRI GURNITA/"PR"

BANDUNG, (PR).-
Persib Bandung akhirnya menempati posisi keempat klasemen akhir Djarum Liga Super Indonesia (DLSI) 2009-2010 setelah menekuk PSM Makassar 2-0 melalui gol Eka Ramdani pada menit ke-24 dan Cristian Gonzales menit ke-81 di Stadion Siliwangi Bandung, Minggu (30/5).

Persib mengantongi 53 biji kemenangan dari 34 pertandingan. Kemenangan Persib tersebut sekaligus menggeser posisi Persija Jakarta ke posisi kelima, dengan hanya terpaut satu angka (52 poin). Persib gagal mempertahankan posisi ketiga seperti tahun sebelumnya ketika dipegang Jaya Hartono.

Manajer Persib Umuh Muchtar menuturkan, hasil akhir Persib musim ini tidak menjadi masalah. Ini merupakan pemicu untuk bangkit lagi pada musim kompetisi tahun depan. "Hasil akhir ini harus disyukuri. Hal itu tidak berpengaruh apa pun. Sponsor ke Persib masih ada," katanya.

Menurut Umuh, setelah kompetisi berakhir, anak asuhnya harus menggeser konsentrasi ke Piala Indonesia 2010 yang akan menapaki babak "Delapan Besar" pada pertengahan Juli nanti. Ia mengharapkan masih ada peluang Persib untuk meraih gelar juara.

Ia menambahkan, kemenangan terakhir Persib tadi malam dipengaruhi hadirnya kembali bobotoh di lapangan. Hal itu membuat para pemain bersemangat.

Pelatih Robby Darwis di ruang konferensi pers mengatakan, kemenangan tersebut merupakan kebangkitan dari kekalahan melawan Persiba Balikpapan, Rabu (26/5) lalu. Senada dengan Umuh, Robby menyatakan, salah satu faktor pendukung kemenangan Persib adalah hadirnya bobotoh di stadion.

"Anak-anak sudah berhasil melupakan kekalahan kemarin. Tampaknya pemain sadar betul untuk meraih kemenangan malam ini," ujar Robby.

Mantan pemain timnas itu mengatakan, kerja keras anak asuhnya didukung oleh koordinasi antarlini yang cukup solid. Padahal, kemampuan pemain "Pasukan Ayam Jantan dari Timur" tidak jauh beda dengan kualitas Eka Ramdani dkk.

Asisten Pelatih PSM Tonny Ho mengatakan, kedua tim bermain bagus dan positif. Timnya hanya kurang beruntung karena tidak mampu mengantisipasi bola-bola mati Persib. "Kami memang lengah saat itu sehingga kebobolan dua kali dan ini murni kesalahan pemain PSM," katanya.

Terkait dengan satu gol yang dianggap tidak sah oleh wasit Djumadi Effendi, Tonny tidak berkomentar banyak. Pasalnya, dia tidak melihat jelas pelanggaran yang dilakukan salah seorang pemainnya.

Menggempur

Sejak menit awal, Eka Ramdani dkk. melakukan inisiatif penyerangan. Persib terus menggempur pertahanan PSM hingga memaksa para penyerang Makassar turun membantu lini pertahanan.

PSM mulai menapaki semangat juangnya pada menit ke-14. Penyerang PSM Osvaldo Moreno nyaris membuat gol setelah tendangan pojok Shin Hyu-joon berhasil ia manfaatkan dengan sundulan keras. Namun, arahnya masih tipis di atas mistar gawang Markus Haris Maulana.

Pada menit ke-24, bek kiri PSM Rendy Siregar menjegal Gonzales di dekat kotak penalti PSM Makassar. Bola hasil tendangan bebas Eka Ramdani bersarang di sisi kiri gawang Samsidar. Persib unggul 1-0.

Pada menit ke-30, Pelatih PSM Tumpak Sihite menarik keluar Aditya Putra dan memasukkan Heru Nerly sebagai penambah daya serang PSM. Pada menit ke-43, diawali gol Osvaldo Moreno yang dianulir karena dianggap handsball, para pemain PSM memprotes keras wasit Djumadi Effendi.

Ketika babak kedua dimulai, Persib kembali melakukan gebrakan awal melalui Budi Sudarsono. Namun, lagi-lagi kiper Samsidar dapat mengantisipasinya.

Bek sayap Persib, Gilang Angga bermain dengan performa terbaiknya. Lini pertahanan ia kawal dengan mematikan usaha-usaha PSM melalui Heru Nerly di sisi kanan pertahanan Persib. Ketika menyerang, tusukannya mampu membuat pemain PSM bersusah payah menghentikannya.

Pada menit ke-80, lagi-lagi strategi bola mati Robby Darwis mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Cristian Gonzales. Tendangan bebas yang berjarak dua puluh meter dimaksimalkan "El Loco". Bola yang datar dan menyusur tanah itu mengecoh kiper Samsidar. Persib unggul 2-0 dan kedudukan ini bertahan hingga pertandingan usai.

Sumber: PR

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger