PERSIB & PERSIBA BERAMBISI AMANKAN POSISI 3

26 May 2010

BANDUNG, (PR).-
Persib Bandung dan Persiba Balikpapan berambisi menempati peringkat tiga klasemen Djarum Liga Super Indonesia (DLSI) 2009-2010. Untuk mengejar ambisi tersebut, mereka memiliki tekad yang sama meraih poin penuh ketika keduanya saling berhadapan di Stadion Siliwangi Bandung, Rabu (26/5) pukul 15.30 WIB.

Persib dan Persiba menyisakan dua pertandingan. Mereka mengemas nilai sama 50 biji kemenangan, tetapi "Pangeran Biru" memiliki selisih gol lebih baik. Selisih gol Persib 47-34, sedangkan Persiba 39-27.

Pelatih Persib Robby Darwis mengatakan, mempertahankan posisi tiga di klasemen merupakan target utama karena Persib gagal meraih posisi puncak musim ini. Hal itu sesuai dengan arahan manajemen agar Persib tetap berada di urutan ketiga hingga akhir musim kompetisi DLSI, seperti yang diraih pada musim tahun lalu. "Untuk bisa mencapai target itu, kami harus menyapu bersih dua laga sisa, melawan Persiba dan PSM," ujar Robby seusai menjalani sesi uji coba lapangan di Stadion Siliwangi, Selasa (25/5) pagi.

Menurut Robby, timnya ingin mempertahankan status tidak pernah kehilangan poin jika bermain di kandang sendiri. Dari lima belas laga kandang yang sudah dimainkan, Persib dua kali seri melawan Persija dan Persipura. Sisanya, selalu direbut dengan kemenangan.

Pada laga sore ini, Persib bisa memainkan kiper Markus Haris Maulana. Kiper timnas itu, sudah ikut berlatih kemarin pagi setelah sebelumnya sempat terserang sakit diare. Akan tetapi, pemain asing asal Jepang, Satoshi Otomo dipastikan bakal absen.

"Satoshi memang rasanya tidak bisa dipaksakan tampil. Akan tetapi di sisi lain Markus bisa tampil karena kondisinya sudah membaik," ucapnya.

Robby mengungkapkan, lini depan diperkirakan akan menjadi lebih tajam dengan kembalinya Budi Sudarsono. Budi kemungkinan akan mengisi deretan nama di line up. Dengan demikian, Robby tidak akan terfokus untuk menumpukan harapan kepada Cristian Gonzales ataupun Airlangga yang selama ini terus diforsir karena kekurangan tenaga penyerang.

"Melawan Persiba nanti, tim dipastikan lebih siap. Kami sendiri telah mengobservasi dan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan tim lawan agar tujuan utama kami pada pertandingan menghadapi Persiba nanti tercapai," kata pegawai bank pemerintah itu.

Ia menambahkan, anak asuhnya harus bermain lepas dan profesional.

Terkait dengan hilangnya dukungan dari bobotoh di lapangan, Asisten Pelatih Yusuf Bachtiar mengatakan, hal itu tidak akan memengaruhi performa anak asuhnya di Siliwangi. Absennya penonton tidak hanya dialami pada saat melawan Persiba nanti. Sebelumnya, jam terbang laga tanpa adanya sorak-sorai penonton sudah beberapa kali dialami oleh "Pangeran Biru".

"Memang ada yang kurang, rasanya atmosfer sepak bolanya hilang. Akan tetapi saya yakin, anak-anak tetap profesional dan bermain normal. Kondisi permainan tanpa penonton nanti pernah dilewati Persib ketika di Malang," tuturnya.

Sementara itu, Pelatih Persiba Haryadi yang ditemui saat uji coba lapangan di Stadion Siliwangi tidak mau kalah siap mengamankan posisi tiga hingga klasemen akhir dengan berupaya maksimal meraih poin di kandang Persib. Timnya ingin tetap menduduki posisi papan atas yang saat ini diduduki Persib.

Haryadi menuturkan, semua pemainnya siap bertanding. Sayangnya, dalam laga nanti, Persiba akan kehilangan salah seorang strikernya yaitu Muhammad Albicho yang cedera sehabis melawan Persipura. Sementara itu, gelandang Dwi Joko hingga saat ini belum bisa dipastikan apakah bisa bermain atau tidak karena dia masih cedera akibat latihan di Bandung.

"Pengganti Albicho pasti ada, masih ada empat striker yang bisa saya pilih. Di antaranya Johan Yoga Utama dan Julio Lopez," ujarnya.

Mengenai komposisi pemain Persib, Haryadi cukup khawatir dengan pergerakan Cristian Gonzales di lini depan. Sementara itu, mobilitas lini tengah yang dimotori oleh Atep ataupun Eka Ramdani harus diantisipasi karena mereka berdua kerap memberikan umpan-umpan yang cukup berbahaya mengancam gawang yang dijaga I Made Wirawan nanti.

Menurut Haryadi, tanpa kehadiran penonton, hal itu tidak berpengaruh banyak terhadap pertandingam karena kedua tim mempunyai motivasi yang sama yaitu mengejar posisi tiga besar. "Sebetulnya saya berharap menang WO, tetapi kenyataan kami harus tetap memberikan perlawanan kepada Persib," ucapnya.

Menurut cacatan pertemuan kedua tim dalam tiga tahun terakhir, Persib hanya sekali menuai kemenangan dalam laga kandang musim kompetisi 2008-2009 lalu dengan hasil 2-1, sedangkan laga tandang Persib sebelumnya hanya mampu menahan tuan rumah 0-0. Pada putaran pertama musim ini Persib kandas 2-1 di Stadion Persiba, 11 Oktober 2009.

Sumber: PR

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger