Hadang "Bobotoh" Berkeliaran

26 May 2010 JLN. JAWA,(GM)-
Sekitar 2.100 personel TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) antara Persib Bandung dengan Persiba Balikpapan tanpa penonton di Stadion Siliwangi, Bandung, hari ini. Penjagaan lebih difokuskan di sejumlah titik jalan masuk menuju Kota Bandung untuk merazia bobotoh.

"Dari ke 2.100 personel tersebut, sebanyak 1.800 personel dari jajaran Polwiltabes Bandung akan diterjunkan untuk pengamanan di luar stadion. Sisanya gabungan dengan Kodim 0618 BS akan melakukan pengamanan di stadion dan sekitar stadion," kata Kapolwiltabes Bandung, Kombes Pol. Imam Budi Supeno didampingi Kabag Ops, AKBP Daniel Kantiadhago kepada wartawan, Selasa (25/5) sore.

Untuk pengamanan di luar stadion, Imam mengatakan, pihaknya akan menempatkan sejumlah personel di beberapa titik seperti di enam perbatasan masuk Kota Bandung di daerah Bundaran Cibiru, Bojongsoang, Dayeuhkolot, Kopo, Cibeureum, dan Setiabudhi. Bahkan penjagaan pun akan dilakukan di stasiun kareta api dengan menempatkan personel di tiga stasiun, yaitu Stasiun Kiaracondong, Cikudapateuh, dan Andir. Lima pintu tol masuk ke Kota Bandung pun tak luput dari penjagaan seperti Tol Buahbatu, Kopo, Moh. Toha, Pasirkoja, dan Tol Pasteur.

"Untuk penempatan personel, kita akan menurunkan 30 hingga 100 personel. Dan, itu pun bergantung tempat dan kondisi wilayah," paparnya.

Imam kembali menegaskan, pihaknya pun menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melakukan razia terhadap gerombolan bobotoh yang berkeliling di jalan raya.

"Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi para bobotoh yang hendak mendekati stadion. Dibantu warga, kita pun akan menggelar razia para bobotoh. Dan jika kita menemukan bobotoh yang membawa batu serta sajam, kita akan langsung amankan. Dan kalau ada bobotoh membawa bendera yang diikatkan pada kayu, kita pun akan mencopot dan menyita kayu itu. Tidak hanya itu, kita pun akan menyuruh kelompok bobotoh tersebut untuk kembali lagi. Kita lakukan semua itu demi keamanan dan kenyamanan yang dapat dirasakan masyarakat Kota Bandung," ujarnya.

Imam mengatakan, yang akan memasuki stadion hanya beberapa tamu undangan. Kecuali tamu undangan, tidak ada yang diperbolehkan mendekati area stadion. "Jika ada beberapa bobotoh yang bersikeras mendekati stadion, bahkan memaksa masuk stadion, jangan salahkan aparat jika bertindak tegas," kata Imam.

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger