PERLIHATKAN MENTAL JUARA

25 March 2010 Oleh ADJAT SUDRAJAT

BERMAIN menyerang dengan penuh kesabaran dan lepas harus bisa diperagakan para pemain Persib saat melawan Persija, sore ini. Kemenangan atas Persija wajib bagi Persib agar tetap berada di jalur juara, tetapi hal itu jangan sampai menjadi beban.

Permainan menyerang harus diperagakan Persib karena bagaimanapun pertahanan terbaik adalah melakukan serangan. Persib tinggal butuh mental bertanding yang kuat dan pola penyerangan yang baik. Itu akan menjadi kunci utama meraih kemenangan. Bila bermain terburu-buru dengan konsentrasi lemah, bukan tidak mungkin akan menjadi bumerang bagi Persib.

Atmosfer Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sore ini, memang jauh berbeda dengan di Si Jalak Harupat. Persib dalam kondisi mendapat "tekanan" mental karena seisi stadion mayoritas adalah pendukung Persija. Namun, hal itu harus menjadi cambuk bagi Eka Ramdani dkk., sekaligus memperlihatkan mental juara kepada mereka.

Persib mutlak harus bisa menjaga ritme permainan seperti saat main di kandang. Bila bersikap tidak tenang atau malah terpancing dengan permainan Persija, tipis harapan Persib untuk bisa mencuri poin di kandang mereka.

Persija lebih siap untuk pertandingan ini. Mereka bermain di kandang dan mendapat suplai amunisi baru dengan masuknya Firman Utina, sedangkan Persib harus kehilangan Hilton Moreira dan tidak diperkuat Gilang Angga. Namun, itu bukanlah masalah karena Persib memiliki pemain-pemain muda yang tidak perlu diragukan lagi kapasitasnya.

Tidak adanya Hilton dan Gilang memang akan membuat aliran bola ke lini depan akan kurang lancar. Akan tetapi, hal itu masih bisa diatasi lewat pola permainan yang sabar dengan pengaturan tempo yang tepat dan mengandalkan pergerakan bola dari kaki ke kaki dengan 1-2 sentuhan.

Pertarungan lini tengah akan terjadi dan Persib tidak bisa hanya mengandalkan serangan long passing yang sering diperagakan di kandang. Memperkuat barisan tengah menjadi modal bagi Persib untuk merobek pertahanan, sekaligus meredam serangan Persija.

Persib harus mewaspadai serangan Persija yang kerap dilakukan dari sektor kanan lewat Ismed Sofyan. Selain itu, penyerang-penyerang mereka, seperti Aliyudin dan Bambang Pamungkas yang memiliki kecepatan dan penempatan posisi bagus, perlu mendapat perhatian dari Nova Arianto dan Christian Rene. Persib wajib mewaspadai itu, tetapi tidak perlu takut. Semua pemain Persib memiliki mental dan pengalaman bertanding yang sudah teruji. Tinggal bermain lepas dan habis-habisan saja. Dengan begitu, apa pun hasilnya, pasti bisa diterima bobotoh.***

Sumber: PR
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger