Jakarta Memang Tak Bersahabat

25 March 2010
Jakarta Memang Tak Bersahabat
BUAT Persib Bandung, Jakarta memang tak bersahabat. Bukan cuma lantaran gesekan suporter kedua tim, tapi juga statistik pertemuan kedua tim. Sepanjang sejarah perhelatan Liga Indonesia (LI), Persib sama sekali belum pernah mengalahkan Persija Jakarta di kandangnya, baik di Stadion Utama Gelora Bung Karno maupun di Stadion Lebak Bulus.

Statistik buruk Persib jika menghadapi Persija di Jakarta bukan hanya terjadi di era LI, tapi juga ketika masa Kompetisi Perserikatan. Sejak Persib kembali promosi ke Divisi Utama Kompetisi Perserikatan, tercatat hanya dua kali tim kebanggaan bobotoh ini mencatat kemenangan. Itu pun salah satunya melalui drama adu penalti.

Kemenangan terakhir Persib atas Persija di Jakarta terjadi pada babak semifinal Kompetisi Perserikatan 1993/1994 yang dimainkan di Stadion Utama Senayan Jakarta, nama lama Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dalam pertandingan yang dimainkan 15 April 1994 itu, Persib menang 5-4 lewat drama adu penalti, setelah dalam waktu normal dan perpanjangan waktu bermain imbang 1-1. Gol Persib ketika itu dicetak Yusuf Bachtiar menit ke-55 dan gol Persija dicetak Maman Suryaman menit ke-4.

Sedangkan kemenangan mutlak yang diraih Persib dalam waktu normal 2 x 45 menit terjadi pada Kompetisi Perserikatan 1985. Ketika itu Persib menang telak 4-0 lewat hattrick Iwan Sunarya menit 19 melalui titik penalti, 85, dan 89 serta satu gol tambahan Sarjono menit ke-49.

Musim lalu, ketika Liga Super Indonesia (LSI) mulai digelar, Persib sebenarnya bisa mengalahkan Persija di kandangnya dengan skor 2-1. Namun ketika itu Persija menjamu Persib di Stadion Gajayana Malang lantaran tidak ada izin pertandingan di Ibu Kota.

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger