Siap Meladeni Permainan Keras

29 November 2009

BANDUNG, TRIBUN-Faktor mental menjadi kunci utama bagi Persib Bandung jika ingin mengalahkan Persipura Jayapura dan Persiwa Wamena. Untuk itu pemain Persib harus percaya diri dan membuang jauh-jauh rasa takut.

"Pokona mah tong kumeok memeh dipacok (jangan kalah sebelum bertanding, Red). Kita harus percaya diri dan berani menghadapi mereka. Ini penting karena saya melihat faktor mental akan menjadi penentu hasil pertandingan," kata Asisten Pelatih Persib Robby Darwis, Sabtu (28/11).

Menurut Robby, secara teknis kualitas Persib dan Persipura seimbang. Bahkan jika dibandingkan dengan Persiwa, secara teknis Persib lebih bagus. Namun faktor teknis, kata Robby, bukan kunci utama pada laga melawan Persipura dan Persiwa.

"Melihat pada musim lalu, saya melihat kekalahan Persib dari Persipura dan Persiwa lebih karena faktor nonteknis. Selain kurang percaya diri, saat itu anak-anak juga kurang berani beradu fisik," ujar Robby.

Menurutnya, tim-tim asal Papua dikenal dengan permainan cepat dan keras. Untuk menghadapi tim dengan karakter seperti itu kata Robby, tidak ada pilihan lain kecuali meladeninya dengan permainan keras pula. Dengan permainan seperti ini, Konsekuensinya harus berani beradu fisik.

Robby mengungkapkan, tim pelatih telah mencoba mengubah karakter permainan Persib menjadi lebih agresif dan siap bertarung dengan tim mana pun yang mengembangkan permainan keras. Pemain juga diminta tidak hanya sekadar menjaga lawan tapi juga harus cepat merebut bola dari kaki lawan.

Sebaliknya pemain diminta tak terlalu lama memainkan bola tapi harus segera mengumpan kepada rekannya yang berdiri bebas. Sembari dengan itu visi bermain bolanya pun dipertajam sehingga alur serangan berlangsung cepat dan terarah.

"Sudah nggak zamannya lagi berlama-lama memegang bola. Sepak bola modern seperti sekarang ini berlangsung dengan tempo cepat. Lamban sedikit, kita bakal tertinggal," kata Robby. (san)


Sumber: Tribun

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger