Jacksen Siapkan Strategi Siluman

29 November 2009

Jacksen Siapkan Strategi Siluman
Kedigdayaan Persipura Jayapura masih terjaga walau produktivitas gol mengalami penurunan. Tak hanya itu, sistem pertahanan Mutiara Hitam juga mengalami pengikisan.

Hampir di setiap pertandingan Persipura kemasukan gol. Situasi ini bertolak belakang dengan musim sebelumnya.

Ya, Persipura masih menjadi salah satu dari lima tim yang belum terkalahkan, setelah Persela Lamongan, Persijap Jepara, Arema Malang dan Persik Kediri. Kepindahan markas Eduard Ivakdalam dan kawan-kawan dari Jayapura ke Makassar, juga ikut bepengaruh.

Minggu, 29 November 2009 di Stadion Andi Mattalata, Makassar, persoalan yang dihadapi Pelatih Jacksen Tiago justru kian bertambah. Pasalnya, Persipura akan tampil tanpa bomber haus gol Boaz “Boci” Solossa. Pemain yang memborong dua gol ke gawang Persiwa Wamena di laga perdana itu bergabung dalam timnas SEA Games 2009, Laos.

Lantas, siapa pengganti Boaz? Jacksen belum mau buka kartu. Alasannya, hal itu bagian dari strategi pelatih yang tidak dibuka untuk umum.

Yang pasti, kata pelatih asal Brasil ini, pihaknya punya banyak stok. Di samping punya banyak pilihan, Jacksen juga sering melakukan rotasi.

Meski tanpa Boci, Jacksen memastikan Persipura akan tampil dengan pola 3-4-3. Hanya saja siapa pendamping Alberto “Beto” Goncalves masih tanda tanya.

Untuk posisi striker, Persipura punya David Laly, jebolan Persipura U-21. Lalu, muncul nama Ian Louis Kabes yang belakangan beroperasi di sektor bek kanan. Kemudian, masih ada Paulo Rumere dan Yustinus Pae, pemain usia muda binaan Persipura.

Tim Maung Bandung sendiri di mata Jacksen merupakan tim bagus walau belum pernah meraih kemenangan di laga tandang. Namun, kekuatan tim besutan Jaya Hartono ini layak diperhitungkan sebagai kandidat juara ketika mampu menumbangkan The Young Guns Pelita Jaya Purwakarta.

Duet striker Budi Sudarsono-Christian Gonzales jadi momok karena punya ketrampilan yang bagus. Lini tengah Persib juga kuat karena punya Eka Ramdani, Hariono, Atep maupun Hilton Moriera.

Demikian halnya dengan pertahanan Persib yang aman dijaga trio Nova Arianto, Maman Abdurrachman dan Christian Rene. Ketiganya dikenal tangguh dalam mengamankan daerahnya dari serbuan lawan.

Jaya juga dipastikan tak mau gagal lagi. Hasil melawan jawara Liga Indonesia 2008/2009 ini menjadi penentuan akan nasib mantan bek kiri timnas ini.

Kursi Jaya sempat digoyang lantaran dibekap PSM Makassar dan Persiba Balikpapan. Posisinya kembali aman setelah Persib sukses meraih nilai sempurna di kandang dari Pelita dan Persitara Jakarta Utara.

PRAKIRAAN PEMAIN
PERSIPURA (3-4-3):
1-Jendri Pitoy; 45-Bhio Paulin, 32-Victor Igbonefo, 14-Jack Komboy; 26-Ortizan Solossa, 10-Eduard Ivakdalam, 22-Hendra Ridwan, 4-Ricardo Salampessy; Ian Louis Kabes, 9-Alberto Goncalves, 21-Tinus Pae
PELATIH: Jacksen Ferreira Tiago

PERSIB (3-4-3): 18-Kosin; 30-Nova Arianto, 17-Christian Rene, 5-Maman Abdurrahman; 12-Gilang Angga, 8-Eka Ramdani, 10-Hilton Moriera, 7-Atep; 11-Budi Sudarsono, 99-Christian Gonzales, 15-Suchao Nuchnum
PELATIH: Jaya Hartono [edwan ruriansyah/vivanews]

Sumber: BolaIndo
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger