Kosin Siap Jadi Tembok Terakhir

29 November 2009

KEPERKASAAN Persipura Jayapura begitu luar biasa musim lalu. Tidak hanya gelar juara Liga Super 2008-2009 mereka raih, namun mereka mengakhiri kompetisi dengan mengoleksi poin akhir yang sangat fantastis yaitu 80. Poin 80 yang dikumpulkan Edward Ivak Dalam dkk tersebut adalah poin tertinggi di ajang kompetisi Liga Indonesia profesional yang digulirkan sejak tahun 1994 ini.

Persiwa Wamena dan Persib Bandung yang finish di posisi runner up dan ketiga di klasemen akhir, perolehan poinnya jauh dibanding Persipura. poin.

Yang paling fenomenal dari tim berjuluk Mutiara Hitam musim lalu adalah produktifitas mereka dalam mencetak gol. Untuk menjadi juara Persipura tercatat mengoleksi 81 gol. Bandingkan dengan Persib yang duduk di urutan kedua tim terproduktif musim lalu hanya mengemas 63 gol saja.

Dari 81 gol Persipura, 80 persen lahir dari tridente Persipura Boaz Solossa, Alberto "Beto" Goncalvez, dan Ernest Jeremiah. Boaz mengemas 28 gol dan berhak menyandang gelar top skor bersama bomber Persib, Christian Gonzalez. Beto Goncalvez 23 gol dan Jeremiah 16 gol. Total gol yang dicetak tiga bomber Persipura ini adalah 77 gol.

Dengan catatan gol Persipura yang fantastis, barisan pertahanan Persib harus siaga satu di Stadion Andi Matalata (Mattoangin) Makassar ketika dijamu Persipura, Minggu (29/11) malam. Persipura tetap tangguh dalam menjebol gawang lawang walaupun saat menantang Persib nanti malam, Boaz akan absen akibat cedera hamstring dan Jeremiah tidak lagi berlaga di Liga SuperIndonesia. Melawan Persib, Persib otomatis hanya mengandalkan Beto di depan.

Status siaga satu berlaku juga bagi kiper anyar Persib, Sinthaiweechai "Kosin" Hathairattanakool. Kosin akan menjadi tembok terakhir Persib untuk menahan gempuran pemain-pemain Persipura. Selain mengandalkan Beto, Persipura akan menakar ketangguhan Kosin sebagai kiper lewat aksi Yustinus Pae dan Ian Louis Kabes. Tiga nama di tim tuan rumah asuhan Jackson F Tiago ini tetap akan jadi ancaman sekaligus tantangan bagi Kosin.

Kosin sendiri menilai pertandingan melawan Persipura bukan pertandingan yang spesial. Kosin mengaku akan tetap bermain seperti di dua pertandingan yang sudah digelutinya bersama Persib musim ini.

"Melawan tim mana pun, saya harus selalu siap. Saya selalu menganggap setiap pertandingan pasti berat. Begitu pun saat melawan Persipura yang juara musim lalu. Saya akan tetap bermain seperti biasa," kata penjaga gawang tim Maung Bandung yang kini menginjak usia 27 tahun ini.

Bertarung dengan Persipura, gawang Persib dipastikan akan mendapatkan tekanan yang sangat luar biasa. Pada posisi inilah Kosin diharapkan bisa menjadi benteng terakhir Persib.

"Melawan Persipura adalah pertandingan perdana di kandang lawan. Suasananya pasti berbeda dengan di Bandung. Saya sering bermain di bawah tekanan tim lawan, jadi tidak masalah dan tidak perlu tegang. Saya harus menjaga konsentrasi selama 90 menit," ujar Kosin.(tor)


Sumber: Tribun

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger