KEMAMPUAN FISIK PEMAIN PERSIB MENINGKAT

1 November 2009

CHRISTIAN Rene Martinez (depan) finis di urutan ketiga dalam sesi latihan "cross-country" Persib Bandung di Bumi Perkemahan Cikole, Lembang, Sabtu (31/10) pagi. Skuad "Pangeran Biru" memenuhi target yang ditetapkan Pelatih Fisik Entang Hermanu saat menempuh rute sepanjang delapan kilometer.* RIESTY YUSNILANINGSIH/"PR

NGAMPRAH, (PR).-
Kemampuan fisik skuad "Pangeran Biru" meningkat. Hilton Moreira dkk. terbukti dapat memenuhi target yang ditetapkan jajaran pelatih saat menjalani porsi latihan yang cukup berat berupa cross-country di Bumi Perkemahan Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (31/10).

Skuad "Pangeran Biru" diharuskan berlari sejauh delapan kilometer di area Bumi Perkemahan Cikole yang medannya tergolong menantang. Rute dihiasi jalur menurun dan menanjak dengan kemiringan yang bervariasi.

Pemain baru Persib Bandung asal Persela Lamongan, Dhian Fachrudin, yang mulai bergabung latihan pada sesi kali ini memimpin di depan atas rekannya yang lain saat menyentuh garis finis dengan catatan waktu 28 menit. Sementara itu, Hilton Moreira, Christian Rene Martinez, Aji Nurpijal, dan Cecep Supriyatna membuntuti di belakangnya.

Pelatih Fisik Persib Entang Hermanu menargetkan, pemain dapat menuntaskan rute tersebut dalam rentang waktu 25-30 menit. Meskipun sedikit meleset dari rentang waktu yang telah ditetapkan, Entang tetap menilai bahwa pemain telah memenuhi target yang diharapkannya.

"Melihat hasil tadi, saya nilai mereka sudah memenuhi target. Kalaupun agak meleset waktunya, saya berikan toleransi karena mungkin ada saatnya mereka harus menurunkan kecepatan larinya saat melalui rute turunan," ucap Entang.

Beberapa komponen kemampuan fisik pemain yang ingin dilihat Entang dari sesi latihan ini, yaitu daya tahan, kecepatan, kekuatan, dan kelenturan fisik, telah terpenuhi.

Pemain tinggal memelihara kemampuan fisik yang telah dibentuk dalam dua pekan terakhir supaya dapat bertahan sepanjang 90 menit pertandingan. "Bahkan, kami usahakan mereka bisa tahan selama 120 menit sebagai antisipasi kalau sampai sebuah pertandingan mengharuskan babak perpanjangan waktu," ucapnya.

Mengenai kemampuan fisik Dhian yang tampak unggul dari pemain Persib lainnya pada sesi kali ini, Entang menilai, itu belum menjadi jaminan pada komponen yang lainnya pun dia dapat menampilkan performa yang sama baiknya. Entang masih harus melihat dan berkonsultasi dengan Dhian sebelum menentukan akan memberikan porsi latihan fisik khusus kepadanya atau tidak.

Pelatih Jaya Hartono pun berharap Dhian bisa cepat beradaptasi dengan rekannya yang lain supaya dapat mengimbangi kemampuan skuad "Pangeran Biru" yang telah lebih dulu ditempa dalam dua pekan terakhir.

Ketika dimintai komentarnya atas keberhasilan Dhian melesat paling depan di sesi latihan kemarin, pemain yang spesialis beroperasi di sektor kiri ini mengaku hanya berupaya sebaik mungkin dalam memperlihatkan kemampuan yang dimilikinya. Itu sebagai upayanya untuk memperoleh kepercayaan menjadi skuad inti di tengah persaingan ketat dengan pemain lainnya.

"Saya juga nanti akan minta porsi latihan khusus kepada pelatih untuk mengejar ketinggalan selama ini. Begitu lepas dari Persela Lamongan, saya tidak mengikuti pemusatan latihan khusus dengan tim mana pun dan hanya berlatih di rumah," ucap Dhian.

Ia mengaku sudah didekati manajemen Persib sebelum Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010 bergulir pada 11 Oktober lalu. Kekaguman Dhian kepada Persib, yang dinilainya sebagai klub besar, membuatnya tidak berpikir dua kali untuk menerima tawaran yang datang menghampirinya itu. Hanya, kepentingan pribadi yang tidak dapat ia tinggalkan membuatnya baru bisa bergabung dengan Persib kemarin. (A-184)***


Sumber Berita: Pikiran Rakyat

By: Balad Persib

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger