KECEWA LAGI

30 November 2009 KEGAGALAN Persib Bandung untuk mengubah sejarah pertemuan dengan Persipura Jayapura menggoreskan kekecewaan mendalam bagi Nova Arianto. Kerja disiplinnya di sektor kanan pertahanan Persib akhirnya menjadi sia-sia karena satu serangan kilat Alberto "Beto" Goncalves yang gagal dibendung oleh sektor kiri pertahanan. Gol itu membuat Persib kembali takluk di luar kandang, Minggu (29/11), di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar.

Performa lini belakang malam itu sebenarnya tidak bisa dibilang buruk. Nova, Maman Abdurahman, dan Christian Rene bisa mematahkan setiap gempuran Persipura. Khusus Nova, aksinya pantas diacungi jempol. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu melupakan kebiasaannya untuk membantu menyerang dan fokus bertahan agar bisa tetap menjaga rekor bersih gol, seperti melawan Persitara.

"Si Botak" pada babak pertama berhadapan langsung dengan Beto, penyerang yang selain punya kecepatan juga memiliki aksi tipu daya melalui trik gerak kaki untuk menipu para bek. Namun, Nova dengan jeli mengamati setiap pergerakan striker Brasil itu.

Hasilnya, Beto tidak berkutik ketika beroperasi di sektor kanan pertahanan Persib. Contohnya pada menit ke-37, ketika dia bisa memotong umpan terobosan Edward sebelum Beto menjangkau bola. "Pertahanan kami begitu solid pada babak pertama. Saya juga tidak banyak ikut menyerang karena saya sadar, Persipura punya penyerang-penyerang gesit yang harus dikawal penuh. Saya bisa meladeni permainan cepat dan cerdik yang ditunjukkan Beto. Tapi, pergerakan Beto sebelum mencetak gol memang bukan datang dari daerah operasi saya dan saya tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah gol itu. Benar-benar mengecewakan," kata Nova tertunduk sedih.

"Dia memang penyerang cepat dan bisa memanfaatkan kelemahan konsentrasi kami pada awal babak kedua. Setelah gol itu, kami kembali bermain solid. Sayang, kami tidak bisa mencetak gol balasan. Persipura bermain disiplin. Jendry (kiper Persipura) juga bermain sangat bagus. Dengan kekalahan ini, kami harus berjuang lebih keras di Wamena," katanya.

Kekalahan dari Persipura ini memutus rantai kemenangan Persib yang sebelumnya menang beruntun atas Pelita Jaya dan Persitara Jakarta Utara. Selain itu, "Pangeran Biru" juga gagal merealisasikan target tiga poin yang dicanangkan manajemen untuk dibawa dari Makassar.

Dari empat poin yang diharapkan dari tur ini, Persib kini tinggal berharap pada laga kontra Persiwa Wamena, Rabu (2/12), di Stadion Pendidikan, Wamena. Rekor kandang Wamena terkenal paten karena mereka belum pernah kalah di kandang sejak musim lalu. Nova pun berharap, kerja keras "Maung Bandung" bisa berlanjut di Wamena dengan hasil yang berbeda, bukan kekalahan mengecewakan lagi tentunya. (Arif Budi Kristanto/"PR")***

Sumber: PR
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger