PERSIB GAET SUCHAO NUTNUM

30 October 2009

PEMAIN SAYAP KIRI TIMNAS THAILAND

GELANDANG Persib Bandung Cucu Hidayat (tengah) menggiring bola diawasi dua rekannya, Airlangga dan Cristian Rene, pada latihan sore di Stadion Persib, Jln. A. Yani, Bandung, Kamis (29/10). Persib akhirnya menggandeng pemain Tim Nasional Thailand, Suchao Nutnum, untuk bergabung dengan skuad "Pangeran Biru" dalam mengarungi Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010.* ANDRI GURNITA/"PR"

BANDUNG, (PR).-
Manajemen Persib Bandung akhirnya menggandeng pemain Tim Nasional Thailand Suchao Nutnum untuk bergabung dengan skuad "Pangeran Biru" dalam mengarungi Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010. Kepastian tersebut didapat setelah tercapai kata sepakat antara Persib dan Suchao.

"Saya bersyukur, sudah bisa tenang sekarang. Skuad sudah lengkap. Pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim dan yang diminta pelatih sudah diperoleh," ucap Manajer Persib Umuh Muchtar ketika dihubungi Kamis (29/10) malam.

Umuh dan Asisten Pelatih Robby Darwis sebenarnya baru tiba dari Singapura semalam setelah bertemu dengan salah seorang pemain Timnas Singapura. Namun, manajemen Persib justru mendapatkan pemain Timnas Thailand asal klub TOT FC itu. Suchao akan didaftarkan Jumat ini ke PT Liga Indonesia sesuai dengan batas pendaftaran pemain terakhir.

Manajer yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat tersebut mengaku lega dapat mendatangkan Suchao yang dinilainya sebagai pemain berkemampuan mengagumkan. Pemain kelahiran Kanchanaburi, Thailand, pada 17 Mei 1983 itu merupakan gelandang sayap kiri.

"Mudah-mudahan tidak salah pilih. Tapi, kalau melihat kapasitasnya yang selama ini menjadi pemain inti di Timnas Thailand, sepertinya dia memang yang terbaik," ucap Umuh.

Suchao kini tengah mengikuti latihan Timnas Thailand bersama kiper Sinthaweechai "Kosin" Hatthairattanakool. Timnas Thailand ditangani pelatih yang juga mantan kapten Timnas Inggris, Bryan Robson.

Sementara itu, skuad "Pangeran Biru" mulai memperoleh materi seputar taktik dan strategi pada sesi latihan Kamis (29/10) sore. Pelatih Jaya Hartono secara bertahap menyampaikan taktik bertahan dari lini belakang hingga ke tengah, bagaimana para gelandang membangun pertahanan. "Masih banyak pemain yang melupakan prinsip dasar pertahanan, makanya dalam kesempatan ini saya ingatkan lagi," ucapnya.

Ia menyayangkan absennya empat pemain yang harus bergabung dengan tim nasional. Dengan demikian, mereka jadi tidak tahu strategi seperti apa yang akan diterapkan tim nantinya. Jaya hanya berharap keempatnya dapat cepat melakukan adaptasi begitu bergabung kembali dengan tim sebelum pertandingan.

Pemberian materi taktik dan strategi itu dimaksudkan Jaya untuk mempersiapkan tim yang dalam waktu dekat akan menjalani pertandingan uji coba. Jaya menjadwalkan setidaknya ada tiga atau empat partai uji coba yang bakal dilakoni skuadnya sebelum kembali menghadapi kompetisi LSI.

Laga uji coba perdana direncanakan baru akan menjajal klub lokal karena belum ingin bertemu dengan tim yang lebih kuat. "Kita juga mendapat tawaran bertanding melawan Pro Duta Yogyakarta, tapi itu baru dilakukan kemudian karena mereka tergolong sebagai salah satu tim kuat," ucap Jaya.

Satu partai uji coba lain kemungkinan melawan Persipasi Kota Bekasi yang rencananya baru digelar di atas tanggal 6 November. Pada sesi latihan kemarin sore, Pelatih Fisik Persipasi Dino Sefriyanto tampak di sekitar stadion. "Mau bertemu Jaya," ujarnya singkat.

Kemungkinan, kedatangan Dino dimaksudkan untuk membahas partai uji coba tersebut karena Persipasi pun saat ini tengah mempersiapkan diri menghadapi laga perdana di Divisi Utama pada 26 November. Namun, seusai berbincang dengan Jaya, Dino yang juga mantan Pelatih Fisik Persib itu belum dapat mengatakan kepastian waktunya. (A-184)***


Sumber Berita: Pikiran Rakyat

By: Balad Persib

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger