Penalti Gagalkan Kemenangan Persib

30 September 2009

ANDRI GURNITA/PR
PEMAIN belakang Persib, Edi Hafid berupaya merebut bola dari kaki penyerang Persebaya, Corinus Fingkrew, pada pertandingan Piala Gubernur Jatim di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Surabaya, Selasa (29/9).
BLK. FACTORY,(GM)-
Persib Bandung gagal mempertahankan keunggulan hingga pertandingan usai dan harus puas bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Persebaya Surabaya, pada pertandingan terakhir Grup D Liga Jatim di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Selasa (29/9) malam. Hukuman penalti pada menit 73 yang dieksekusi dengan baik oleh kapten tim Anderson Da Silva, menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Persib sempat unggul 1-0 lewat gol Cristian Gonzales pada menit 25.

Kendati kembali meraih hasil imbang, Persib tetap lolos ke babak 8 Besar sebagai runner-up Grup D dengan mengumpulkan nilai 2, mendampingi Persebaya sebagai juara grup yang mengoleksi nilai 4.

Menurut laporan pelatih kiper Anwar Sanusi yang dihubungi "GM" usai pertandingan, hukuman penalti buat Persib diberikan setelah bek sayap kiri Persib, Aji Nurpijal dinilai melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti oleh wasit Agus Winardi, usai menjatuhkan pemain Persebaya, Nugroho Mardiyanto. Tapi, kata Away, sapaan akrabnya, keputusan wasit itu sangat meragukan.

"Malahan, kita menilai penalti itu sebagai sebuah 'pemberian' wasit. Sebenarnya, sepanjang pertandingan wasit memimpin sangat baik. Yang meragukan kita hanya hukuman penalti buat Persib, sebab kami menilai Aji tidak melakukan pelanggaran," kata mantan kiper Persib itu.

Dikatakan Away, berbeda dengan laga pertama melawan Deltras, kali ini pelatih Jaya Hartono menurunkan starter Cecep Supriyatna (kiper), Wildansyah, Edi Hafid Murtado, Cristian Rene Martinez (belakang), Aji Nurpijal, Gilang Angga Kusumah (bek sayap kiri-kanan), Munadi, Cucu Hidayat, Atep (gelandang) serta duet striker Cristian Gonzales dan Airlangga. Dengan demikian, Jaya kembali memainkan pakem 3-5-2, tidak seperti ketika bermain imbang 0-0 dengan Deltras.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-25, Persib berhasil membungkam pendukung tuan rumah dengan membuka keunggulan lewat gol Gonzales. Away mengatakan, gol itu berasal dari umpan Cucu Hidayat. Gonzales menjebol gawang Persebaya yang dikawal Denny Marsel. Keunggulan 1-0 Persib mampu dipertahankan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persib sepertinya bakal sukses mempertahankan keunggulannya. Namun seperti dituturkan Away, pada menit 73 atau 17 menit sebelum laga usai, wasit "menghadiahkan" tendangan penalti untuk tuan rumah atas tuduhan pelanggaran yang dilakukan Aji. (B.82)**

Sumber Berita: Galamedia
By: Balad Persib

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger