Jaya Ingin Jadwal Latihan Dipercepat

22 August 2009

BANDUNG, (PR).-
Pelatih Persib Bandung Jaya Hartono berencana mengajukan pemajuan jadwal latihan perdana skuad "Maung Bandung". Keinginan tersebut disampaikannya agar dia memiliki waktu lebih panjang untuk mempersiapkan timnya sebelum mengarungi Indonesia Super League (ISL) 2009/2010.

"Semula direncanakan latihan perdana dimulai awal September, tapi kalau diizinkan manajer, akan lebih baik bila pemain sudah bisa berkumpul pada 26 Agustus ini. Dengan demikian, waktu persiapan bisa lebih panjang," tutur Jaya ketika dihubungi, Kamis (20/8).

Waktu persiapan sekitar empat puluh hari sebelum putaran ISL 2009/2010 digulirkan pada 11 Oktober, menurut dia, sangat singkat untuk mempersiapkan tim. Apalagi, idealnya dibutuhkan waktu tiga bulan untuk mempersiapkan tim yang benar-benar siap berlaga di ISL. Belum lagi latihan perdana akan dilaksanakan pada bulan Ramadan saat mayoritas pemain harus menjalankan ibadah puasa pada siang hari.

"Latihan selama bulan Ramadan pun menjadi salah satu faktor yang terus kami pertimbangkan. Sebab, porsi yang diberikan kepada mereka selama bulan Ramadan tentunya tidak bisa disamakan saat latihan di waktu-waktu biasa," tutur Jaya lagi.

Hingga kini, ia masih mempertimbangkan waktu yang tepat untuk menggelar latihan, apakah dilaksanakan sore atau malam hari. Namun, yang pasti, ia hanya memberlakukan satu kali latihan selama Ramadan nanti.

"Perihal waktu latihan, masih harus saya bicarakan dengan manajer karena menyangkut kesiapan sarana dan prasarana pendukung latihan, misalnya, mes dan lapangan. Jika akhirnya diputuskan latihan digelar malam hari, harus dipastikan juga stadion telah dilengkapi penerangan yang cukup," tuturnya.

Terlepas dari semua keterbatasan tersebut, Jaya tetap optimistis. Meskipun dalam waktu yang singkat, dia bisa mempersiapkan tim dengan optimal. Dengan catatan, pemain tetap melakukan serangkaian pemanasan dan menjaga kebugaran mereka selama libur kompetisi seperti sekarang ini.

Menanggapi keinginan Jaya tersebut, Manajer Persib Bandung H. Umuh Muchtar mengatakan, dia masih harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum memanggil semua pemain untuk menggelar latihan perdana. Kalau kontrak pemain bisa lebih cepat dilaksanakan, mungkin latihan pun bisa lebih awal digelar.

"Saat ini fokus saya masih untuk mempersiapkan kontrak pemain. Kalau semua pemain sudah resmi menandatangani kontraknya, baru saya bisa tenang dan tahapan-tahapan persiapan yang lain bisa mulai dilakukan juga," kata Umuh.

Meski demikian, saat ini Umuh juga mengaku tengah berupaya menjalin komunikasi dengan Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi perihal penggunaan mes berikut lapangannya, juga mobil operasional untuk tim. Umuh berharap semua fasilitas tersebut masih bisa dipergunakan tim tahun ini tanpa dipersulit perizinannya. "Sebab, bagaimanapun juga, meskipun pengelola Persib kini sudah berbeda status badan hukumnya, tetap saja pemerintah daerah tidak bisa memutuskan hubungannya begitu saja," ucapnya. (A-184)***


sumber berita http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=93737

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger