Baru 4 Klub Mendaftar Ikut LSI

26 August 2009 JAKARTA, (PR).-
Kendati 18 tim Liga Super Indonesia (LSI) musim 2008/2009 dinyatakan berhak menjadi peserta LSI musim ini, PT Liga Indonesia (Liga) tetap memberlakukan pendaftaran administrasi keikutsertaan LSI musim 2009/2010. Proses ini wajib dijalankan oleh semua calon peserta, termasuk untuk empat tim promosi dari Divisi Utama.

Pendaftaran dibuka sejak 24 Agustus dan akan ditutup pada 31 Agustus mendatang. Bagi yang tidak mendaftarkan diri, tim akan dinyatakan gugur haknya mengikuti kompetisi. Begitu juga bagi tim yang terlambat mendaftarkan diri atau lewat dari tanggal yang ditentukan, Liga akan menganggap hak mereka untuk ikut LSI gugur.

"Ini hukumnya wajib untuk administrasi, yang harus disertakan adalah pendaftaran adalah laporan kondisi global klub, struktur panpel pertandingan, dan manajemen klub. Formulir dapat di faks langsung ke kantor Liga dan harus ditandatangani oleh ketua umum atau direktur PT masing-masing klub calon peserta," ujar Sekretaris Liga, Tigor Shalom Boboy ketika dihubungi wartawan, Selasa (25/8), di Jakarta.

Tigor mengatakan, klub tak hanya melakukan pengisian formulir pendaftaran. Mereka juga diharuskan untuk menyerahkan nomor rekening bank yang terdaftar atas nama klub dan bukan perseorangan. Hingga kemarin, dari 18 klub calon peserta LSI, baru empat tim yang telah mendaftarkan diri, yakni Persisam Samarinda, Persipura Jayapura, Persema Malang, dan Arema Malang.

"Meskipun belum mendaftarkan diri secara resmi, sejauh ini baru Persija Jakarta yang menyerahkan nomor rekening. Kami masih menunggu para calon peserta LSI menyerahkannya sebelum kompetisi digulirkan 11 Oktober nanti. Rekening bank ini diperlukan ketika klub harus membayar denda atas sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin ataupun Komisi Banding. Pelunasan denda ini adalah salah satu syarat bagi klub lolos verifikasi," katanya.

Hingga kini ada beberapa klub yang masih mengalami kesulitan mempersiapkan diri untuk mengikuti Liga Super. Minimnya dana dan infrastruktur menjadi kendala utama bagi klub untuk membangun tim. PSPS, misalnya, saat diverifikasi oleh Liga dinilai belum memiliki kelengkapan stadion yang memadai. Begitu juga dengan dua peserta LSI musim lalu, Persitara Jakarta Utara dan Pelita Jaya, yang belum memiliki stadion sebagai home ground mereka untuk musim 2009/2010 ini.

IIC 2009

Kepastian jadi atau tidaknya digelar Inter Island Cup (IIC) 2009 akan ditentukan hari ini. Hingga kini belum adanya pihak yang menyatakan siap menjadi sponsor. "Besok Liga akan memutuskan apakah IIC jadi digelar atau tidak," kata Tigor.

Rencananya, IIC akan digelar 4-17 September dan diikuti lima klub terbaik antarpulau. Selain Arema dan Persiwa yang menggantikan posisi wakil Jawa (Persib) dan wakil Papua (Persipura), juga akan diikuti Sriwijaya FC Palembang (Sumatra), Persiba Balikpapan (Kalimantan), dan PSM Makassar (Sulawesi Selatan). (A-161) ***

sumber berita: http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=94518

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger