Abdul Kader Keita Pernah Main di Liga Prancis

17 February 2015 BANDUNG, (PRLM).- Abdul Kader Keita lahir 6 Agustus 1981 di Abidjan, Pantai Gading, Afrika Barat. Seperti Toure bersaudara atau Kalou bersaudara, Keita juga memiliki kakak bernama Fadel Keita, yang merupakan mantan pemain internasional Pantai Gading.
Keita terakhir kali bermain di Hungaria bersama Budapest Honved FC. Panggilan pemain berpostur 184 centimeter ini ialah Popito. Keita memulai kariernya di klub tanah air Africa Sports, sebelum pindah ke Tunisia bersama klub Etoile du Sahel. Setelah itu ia pindah ke Uni Emirat Arab memperkuat Al Ain. Semusim di UEA, Keita hijrah ke Qatar dengan bermain untuk klub Al Sadd.
Tiga musim di Al Sadd dengan koleksi 26 gol dari 53 penampilannya, ia pun pindah ke Prancis dengan bermain di Ligue 1 bersmaa Lille OSC pada tahun 2005. Dari 73 penampilannya bersama Lille, Keita mencetak 27 gol. Pada Juni 2007, Lyon mengontrak Keita dari Lille. Selama dua musim di Lyon, ia tampil 62 kali di semua kompetisi dan mencetak 25 gol.
Dua musim bersama Lille membuat Galatasaray kepincut pada Keita. Ia pun bergabung dengan klub Turki tersebut dan menandatangani kontrak tiga tahun. Namun, Keita hanya semusim di Galatasaray dengan mencetak 15 gol dari 35 penampilannya di seluruh kompetisi.
Keita dikenal sebagai pemain dengan kecepatan yang baik serta mampu menyeimbangkan dengan keterampilan bolanya. Kaki kanan menjadi andalan pemain yang pernah memperkuat timnas Pantai Gading ini.
Keita memulai karir internasional bersama Pantai Gading pada usia 18 tahun dan terakhir kali memperkuat negaranya di usia 31 tahun saat menghadapi Senegal di Kualifikasi Piala Afrika pada 8 September 2012. Secara keseluruhan ia bermain 72 kali untuk Les Elephants – julukan Pantai Gading – dengan mempersembahkan 11 gol. Ia pun pernah merasakan tampil di dua Piala Dunia (2006 dan 2010).

Sumber: PR
By: Fikri

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger