ISL STARS: Makan Konate, Sang Pemuas Lapar Gelar Persib

9 December 2014 VIVAbola - Nama Makan Konate langsung mendapatkan kecintaan suporter Persib Bandung. Penampilannya yang luar biasa saat bawa "Maung Bandung" juara membuat Konate jadi salah satu bintang masa kini Indonesia Super League (ISL).

Konate memulai kariernya bersama klub Mali, Stade Malien, dan menjadi bagian dari tim raksasa negara Afrika tersebut saat jadi juara musim 2009-10. Ia lalu coba peruntungan bersama klub Libya, Alakhdhar sebelum hijrah ke Indonesia.

Pria yang sekarang berusia 23 tahun itu pertama kali membela PSPS Pekanbaru pada 2012-13 dengan mencatat 16 kali penampilan dan enam gol bersama Asykar Batuah.

Barito Putera menjadi tempat bernaungnya pada musim 2013. Konate tampil menawan dengan membawa tim promosi tersebut menduduki jajaran elite ISL, mencetak enam gol dalam 14 laga.

Hanya saja namanya saat itu tidak terlalu bersinar lantaran ada Djibril Coulibaly yang saat itu menjadi "mesin gol" bagi Barito. Kepincut, Persib menarik kedua pemain asing itu ke Bandung.

Djibril bermain jauh dari harapan bersama Persib, terlalu sering cedera sehingga lebih sering duduk di bangku cadangan. Sementara, Konate tampil fantastis bahkan mungkin di atas ekpektasi.

Berdasarkan statistik yang dikeluarkan situs Persib,Konate tampil di 28 laga ISL musim 2014. 27 pertandingan di antaranya bermain penuh selama 90 menit. Hanya satu laga ia ditarik keluar yakni saat menghadapi Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat, 10 Juni 2014.

Konate total bermain selama 2.542 menit dari 28 laga ISL kemarin, dirinya hanya berada satu tingkat dari Supardi sebagai pemain terlama tampil selama satu musim ini.

13 gol ia kemas sepanjang musim lalu sekaligus top skor bagi Persib. Angka tersebut berhasil melewati raihan gol Ferdinand Sinaga (11 gol) juga Coulibaly (8 gol). Hebatnya, lima dari 13 gol tersebut tercipta di masa-masa krusial babak delapan besar ISL.

Penampilan menjanjikan Konate sebenarnya sudah terlihat di ajang turnamen pramusim, Inter Island Cup 2014, ketika mencatatkan dua gol dari enam pertandingan.

Sosok asal Bamako juga menjadi pemain kedua terbanyak yang memberi assist dengan lima kali, hanya berada di belakang Firman Utina (7). Jumlah assist Konate sama dengan Supardi dan Tantan.

Penampilan ciamik Konate ini menjadikannya satu-satunya pemain Persib yang dikontrak selama dua tahun ke depan. Tantangan bagi gelandang bernaluri tinggi itu apakah bisa membawa Persib tetap tampil menawan musim depan?

Apalagi kualitasnya akan diuji pada kancah sepakbola tertinggi Asia, Liga Champions. Sudah pasti kemampuannya sangat diharapkan berada dalam kondisi terbaik oleh para bobotoh.

Nama      : Makan Konate
Asal        : Mali
Lahir        : 10 November 1991 (23 tahun)
Tinggi      : 178 sentimeter
Posisi      : Gelandang, gelandang serang
Timnas    : Mali U-17, Mali U-19

By: Fikri

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger