Fokus Kembalikan Kondisi Fisik

13 August 2013 AHMAD YANI (GM) - Sebelum melakukan partai tandang dalam lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2013, pascalibur Idulfitri, tim pelatih Persib Bandung langsung fokus pada pemulihan kondisi fisik. Persib dijadwalkan akan melawan Persidafon Dafonsoro pada 20 Agustus dan menjamu Persiram Rajaampat pada 24 Agustus.

"Setelah libur lebih dari 10 hari, pasti ada penurunan kondisi fisik. Kami akan kembalikan dulu fisik pemain. Besok (hari ini, red) akan dilakukan tes fisik. Setelah itu, mulai latihan Kamis langsung ke strategi," kata pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman kepada wartawan saat ditemui di Mes Persib Bandung, Senin (12/8).

Djanur juga meminta anak asuhnya siap berlatih dua kali sehari guna mempercepat pemulihan fisik. "Selasa dan Rabu itu akan latihan dua kali sehari. Setelah fisik, baru fokus ke latihan strategi untuk menghadapi pertandingan kandang mendatang," katanya

Ia akan memulai recovery training di hari pertama dan tes fisik pada keesokan harinya. "Kita sudah memberikan pesan agar kondisi fisik tidak turun hingga 60 persen pascaliburan. Jadi, baru akan ada tes untuk mereka Selasa (13/8)," ungkapnya.

Selain itu, di hari Jumat mendatang, Djanur pun menjadwalkan laga uji coba. "Dua puluh hari enggak bertanding, sentuhan bola dan situasi pertandingan pasti hilang. Uji coba dilakukan agar mereka tak kehilangan sentuhan dan suasana bertanding," jelasnya.

Djanur mengatakan, mereka akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar para pemain siap saat menjalani laga tanggal 20 Agustus. Di awal latihan setelah libur Lebaran, tak semua pemain ikut berlatih. Dua kiper Maung Bandung tak latihan karena dipanggil timnas Indonesia. I Made Wirawan tengah memperkuat timnas senior dan Shahar Ginanjar dipanggil timnas U-23. Tidak hadirnya dua pemain ini menurut Djanur tidak masalah. "Mereka dipanggil timnas, pasti mereka di sana latihan," katanya.

Firman

Sementara itu, pada latihan perdana di Stadion Siliwangi kemarin, gelandang Firman Utina melakukan latihan terpisah. Pemilik nomor punggung 15 tersebut terlihat berlari santai mengitari lapangan serta latihan ringan saat pemain-pemain lainnya menggelar game internal.

Menurut keterangan dokter tim Persib, Rafi Ghani, Firman mengaku masih merasakan nyeri secara tiba-tiba pada otot paha dan betis akibat cedera beberapa waktu lalu.

"Latihan terpisah untuk melatih otot-otot di kakinya. Sebetulnya cedera tidak ada keluhan, hanya memang perlu ada program khusus. Sampai sekarang masih kita pantau perkembangannya," ujar Rafi usai latihan.

Lebih lanjut Rafi menjelaskan, program yang sedang dijalani Firman saat ini belum bisa dipastikan sampai kapan. Sebab program tersebut untuk melakukan pemulihan dan pembentukan otot yang sempat cedera.

"Sebenarnya kondisi cederanya tidak terlalu parah. Hanya saja kadang-kadang timbul dan itu mengganggu. Jadi kita fokuskan untuk pemulihan otot pahan dan betis tersebut," katanya.

Beberapa hari ke depan pun kemungkinan Firman masih akan menjalani latihan terpisah, selain program latihan khusus. "Kita sarankan agar bersepeda, gym, dan latihan lain untuk membantu percepatan pemulihan kondisi otot," jelasnya.

Sumber: Galamedia
By: Khansa

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger