Melesat ke Posisi Dua

2 July 2013
 
SOREANG (GM) - Skuad "Maung Bandung" berhasil membalas kekalahan pada pertemuan pertama dengan Persisam Samarinda di laga kandang putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) 2013. Persib menghancurkan tim berjuluk "Pesut Mahakam" itu 4-1 (2-0) pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Minggu (30/6).
Dengan hasil ini, Persib berada di posisi dua klasemen sementara dengan poin 53 selisih gol (62-33), sekaligus menggusur Sriwijaya FC ke urutan empat dengan poin 52 (47-39). Urutan tiga dihuni Arema dengan poin 53 (52-24) usai menekuk Persija 3-1.

Sementara itu, Sergio van Dijk yang mencetak satu gol ke gawang lawan menempatkan diri di deretan pencetak gol terbanyak kedua dengan koleksi 19 gol. Sedangkan top scorer masih dipegang Boaz Solossa (Persipura) dengan 22 gol.

Namun dalam laga berikutnya melawan Mitra Kukar, yang akan digelar 6 Juli nanti di Stadion Si Jalak Harupat, Persib tidak akan diperkuat Sergio akibat akumulasi kartu kuning.

Dalam pertandingan yang disaksikan puluhan ribu bobotoh ini Persib langsung melancarkan serangan sporadis. Di menit-menit awal, Maung Bandung tampil trengginas dengan menciptakan sederet peluang emas. Di antaranya sepakan keras M. Ridwan yang masih bisa digagalkan kiper Persisam, Fauzi Toldo. Namun pada menit 3, Hilton Moreira berhasil menggetarkan gawang Fauzi memanfaatkan umpan matang Sergio van Dijk.

Persisam yang pada putaran pertama berhasil mengalahkan Persib 2-1, kembali menyusun serangan untuk menyamakan kedudukan. Dimotori Ferdinand Sinaga, Persisam kerap mengancam pertahanan Persib, namun gagal membuahkan hasil.

Sebaliknya, tim besutan Djadjang Nurdjaman membalas dengan serangan balik yang berbahaya. Hasilnya di menit ke-18, Sergio mengubah skor menjadi 2-0 setelah menerima umpan dari Firman Utina. Kedudukan ini bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Persisam sempat menguasai permainan dengan menciptakan peluang emas. Namun tim asuhan Sartono Anwar ini belum sanggup menjebol gawang I Made Wirawan.

Meski demikian Persisam tidak pernah patah arang. Serangan demi serangan kembali diperagakan anak-anak Samarinda. Berkat perjuangan yang gigih, Persisam akhirnya mampu memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 melalui gol yang dicetak Osas Saha pada menit 59. Setelah gawangnya kebobolan, Persib kembali melakukan serangan terbuka. Hasilnya pada menit 71, Maung Bandung memperlebar jarak menjadi 3-1 melalui gol yang disumbangkan Hilton.

Gol kedua Hilton pada laga ini merupakan hasil kerja sama gemilang dengan Firman Utina yang menggiring bola dari sayap kanan. Bola kemudian diumpan ke tengah kotak penalti lawan. Bola disambut Sergio dengan tandukan kepala di udara. Hilton yang berdiri bebas di mulut gawang Fauzi dengan cerdik menyundul si kulit bundar hingga bersarang di gawang lawan.

Persib menutup laga ini dengan gol pamungkas yang dipersembahkan Kenji Adachihara, yang masuk menggantikan Hilton beberapa detik menjelang babak kedua berakhir. Hingga bubaran Persib unggul 4-1.

Ucapkan selamat

Usai laga, pelatih Djadjang Nurdjaman mengucapkan selamat kepada para pemain yang tampil sesuai skenario.

"Pertandingan berjalan seru setelah Persisam memberikan perlawanan dan beberapa kali mengancam gawang kita. Banyak sekali peluang yang seharusnya jadi gol. Di babak pertama bisa 3-0. Karena tiga striker kita, ditambah Firman, berkerja dengan baik," jelasnya.

Djanur mengaku memberikan instruksi kepada skuadnya untuk bermain bertahan di babak kedua. Ia menilai, banyak celah ketika Persisam menyerang dan bisa dimanfaatkan dengan serangan balik. Alhasil, skuad Maung Bandung menambah dua gol di babak kedua, terangnya.

Ia berharap, tren positif ini bisa terus dipertahankan untuk tetap berada di posisi dua klasemen. Kemenangan di beberapa pertandingan terakhir bisa menjadi modal kepercayaan diri timnya untuk tampil lebih baik.

Sementara itu, pelatih Persisam, Sartono Anwar mengatakan, timnya perlu bersyukur walaupun hanya menciptakan satu gol menghadapi tuan rumah. Ia mengakui timnya kalah dari segi kemampuan sehingga menderita kekalahan.

"Kami perlu bersyukur, walaupun kalah 1-4 tapi kita sudah berusaha maksimal dan bekerja keras. Kita kalah kemampuan. Tapi wasit pun perlu dikoreksi juga," pungkasnya.

Sumber: Galamedia
By: Khansa

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger