Arema Acungkan Tekad Habisi Persib

28 May 2013 MALANG — Arema Cronous akhir pekan ini bakal menghadapi lawan terberat di sisa putaran dua Indonesia Super League (ISL), yakni Persib Bandung. Hitungan teknis, Persib adalah lawan terberat yang tersisa di putaran pertama jika melihat dari kualitas maupun posisi di klasemen.

Arema dan Persib saat ini terpaut satu angka di posisi kedua dan ketiga klasemen sementara. Keduanya tengah dalam kecepatan tinggi mengejar pemuncak klasemen Persipura Jayapura. Bagi Arema, pertandingan sangat krusial untuk mengamankan peluang menggapai gelar musim ini.

Setelah Persib, secara umum tidak ada lawan berat yang dihadapi di Stadion Kanjuruhan selanjutnya. Dari empat klub yang bercokol di posisi teratas, Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura sudah pernah berkunjung ke Kanjuruhan. Praktis, tinggal Persib yang harus dihabisi saat ini.

Namun misi Singo Edan bisa jadi tak semudah yang diperkirakan. Persib yang musim ini mengalami progres bagus, tentu bukan kekuatan 'ayam sayur'. Pelatih Arema Cronous Rahmad 'RD' Darmawan kembali mengingatkan timnya pada pengalaman buruk saat kalah menjamu Persipura Jayapura tiga pekan silam.

“Tim perlu menyadari bahwa Persib adalah salah satu lawan terberat saat ini dan memiliki kemampuan untuk menggagalkan target kemenangan kami. Pemain harus ingat bagaimana Arema gagal mendapat poin saat menjamu Persipura. Itu pelajaran yang harus terus diingat,” ucap RD.

Kekalahan dari Persipura memang sudah nyaris dilupakan dan setelah itu Arema tidak pernah lagi kalah di tiga pertandingan. Namun fakta bahwa bermain Stadion Kanjuruhan bukan jaminan untuk mengamankan tiga angka, RD merasa pentingnya tim untuk tetap fokus dan tidak terlalu emosional seperti saat dikalahkan Persipura.

Selain menjaga posisi di papan klasemen, misi terpendam Singo Edan adalah membalas kekalahan 1-0 di Stadion Si Jalak Harupat pada putaran pertama silam. Walau misi revans tersebut cukup memberi warna pada laga nanti, RD ternyata tidak sepenuhnya terfokus pada aspek itu.

“Mungkin itu (misi revans) bagus untuk menyemangati tim. Tapi bukan target utama. Terpenting adalah fokus pada kemenangan agar tidak semakin tertinggal oleh Persipura. Kekuatan Arema dan Persib nyaris sama, tapi kami memiliki momentum lebih besar untuk meraih tiga angka,” tutur RD.

Di laga sebelumnya, Singo Edan dan Maung Bandung memetik hasil berbeda. Arema sukses menjungkalkan Persepam Madura United 2-0 di Gelora Bangkalan, sedangkan Persib hanya membawa pulang satu poin dari kandang Persita Tangerang. Walau mungkin tak memengaruhi performa tim, tapi secara mental sedikit menguntungkan Arema.

Singo Edan dalam situasi sangat positif jelang pertempuran menghadapi Maung Bandung. Victor Igbonefo sudah bisa bermain setelah sebelumnya terkena skorsing kartu merah. Purwaka Yudhi dinyatakan fit dan siap kembali beraksi. Plus, ada tambahan kekuatan impor di klub kesayangan Aremania.

Edmar Garcia, gelandang berusia 26 tahun, telah didaftarkan ke PT Liga Indonesia (LI) sebagai pemain anyar Arema. Dia mengganti slot pemain Asia yang ditinggalkan pemain asal Singapura Muhammad Ridhuan. Belum ada kepastian di posisi mana dia bakal dimainkan.

Rahmad Darmawan pun belum memastikan apakah dia akan langsung dimainkan lawan Maung Bandung. “Dia masih proses pendaftaran. Kalau sudah beres, saya akan melihat kondisinya apakah siap diturunkan, baik secara mental maupun fisik,” tandas pelatih yang ditawari sebagai calon wakil gubernur Lampung ini.

Sumber: OkeZone
By: Fikri

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger