Wali Kota Turun Tangan

2 May 2012 AHMAD YANI (GM) - Mantan Ketua Umum Persib Bandung yang juga Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada bakal turun tangan terkait mundurnya Manajer Persib Bandung, H. Umuh Muchtar. Dada mengaku akan mencoba menyelesaikan masalah tersebut.

Namun, Dada mengaku belum sempat berkomunikasi dengan Umuh. Pasalnya, Umuh masih tengah menjalankan ibadah umrah.

"Saat ini saya belum berkomunikasi dengan Pak Umuh. Nanti kalau sudah pulang, saya akan bertemu," kata Dada di Gedung DPRD Kota Bandung, Selasa (1/5).

Rencananya Umuh akan kembali ke Tanah Air, Kamis (3/5) besok. Seperti diketahui, Umuh berangkat umrah, Rabu (25/4) lalu. "Mungkin pada Jumat, saya akan bertemu dengan Pak Umuh. Nanti saya akan berbicara kepadanya," kata Dada.

Sedangkan pentolan Viking Persib Club, Yana Umar mengatakan, kegagalan Persib di musim ini sebenarnya bukan hanya tanggung jawab Umuh Muchtar. Karena menurutnya, semua keputusan yang terjadi di Persib merupakan keputusan bersama. Sehingga selain manajer, komisaris dan direksi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) juga harus ikut bertanggung jawab atas kegagalan Persib.

"Semua harus bertanggung jawab. Tidak bisa hanya manajer yang disalahkan. Semua harus ikut bertanggung jawab," tegas Yana.

Sementara itu, para pemain dan pelatih Persib Bandung enggan mengomentari mundurnya Umuh dari jabatan manajer. Para pemain memilih fokus pada pertandingan selanjutnya.

"Kalau untuk hal itu (komentar soal Umuh, red) jangan ah, takut salah," ujar penjaga gawang Persib Bandung, Cecep Supriyatna di Stadion Persib, Jln. Ahmad Yani, kemarin.

Tetapi Cecep mengaku belum percaya dengan adanya kabar Umuh mundur dari jabatan manajer. "Mungkin kabar itu ada, tapi saya belum percaya," katanya.

Sama halnya dengan Cecep, penjaga gawang Persib lainnya, Dadang Sudrajat juga tidak ingin berkomentar tentang hal ini.

"Saya enggak tahu. Kalau belum dengar dari orangnya, saya tidak percaya. Lebih baik fokus untuk pertandingan saja," kata Dadang.

Senada dengan pemainnya, Pelatih Persib Bandung, Robby Darwis juga bungkam. "Bagi saya yang penting siapkan tim untuk pertandingan. Untuk urusan itu, saya tidak mau komentar," tegas Robby.

Tak berpengaruh

Mundurnya Manajer Persib Bandung, H. Umuh Muchtar diyakini tidak akan banyak mengubah kondisi tim "Maung Bandung" dan memerngaruhi posisi Persib di akhir klasemen Liga Super Indonesia (LSI) 2011-2012 ini. Demikian diungkapkan mantan pemain Persib Bandung, Bambang Sukowiyono di Sekretariat Pengprov PSSI Jawa Barat, Jln. A. Yani, Selasa (1/5)

"Mundurnya Umuh tidak akan banyak membawa dampak positif ke dalam tim. Karena terpuruknya Persib bukan hanya kegagalan manajerial, tetapi juga teknis," kata Sukowiyono.

Seperti diketahui, Umuh didesak mundur oleh sebagian bobotoh karena dianggap gagal membawa Persib juara. Umuh juga dianggap sering melakukan intervensi ke dalam tim.

Menurut Sukowiyono, dengan mundurnya Umuh belum tentu intervensi terhadap tim akan berkurang. Selama masih ada intervensi terhadap tim, maka kondisi Persib tidak akan jauh berbeda dengan saat ini.

Selain itu, lanjutnya, tim pelatih seharusnya juga turut bertanggung jawab atas keterpurukan Persib saat ini. Karena masalah teknis di lapangan merupakan faktor terbesar kegagalan Persib musim ini. "Secara etika memang harus bertanggung jawab," tegasnya.

Sukowiyono berharap mundurnya Umuh dan terpuruknya Persib di LSI musim ini bisa menjadi momentum untuk mempersiapkan tim pada musim berikutnya. Sukowiyono mengatakan, Persib harus segera meletakan fundamental tim musim depan sejak pertengahan musim ini.

Di saat kompetisi masih berjalan, Persib sebaiknya segera merekrut pelatih untuk musim depan. Sehingga, pelatih tersebut bisa menilai kekurangan dan kelebihan tim yang ada saat ini. Sejumlah kekurangan tim di musim ini bisa dicarikan jalan keluarnya.

"Cari pelatih untuk musim depan. Lalu dia diminta untuk melihat kondisi tim saat ini. Sehingga, kekurangan yang ada bisa diperbaiki dan diharapkan tidak terjadi musim depan," jelasnya.

Dengan demikian, lanjut Sukowiyono, persiapan Persib untuk musim depan bisa lebih baik dibandingkan musim ini. "Jika target musim depan juara, bisa dipersiapkan sejak sekarang. Karena tahun ini sudah gagal," tuturnya.

Sementara itu, legenda Persib Bandung, Ajat Sudrajat secara tegas meminta anggota Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Zaenuri Hasyim dan Pelatih Persib Bandung, Robby Darwis juga mengundurkan diri. Namun, Ajat tidak menjelaskan alasan Zaenuri dan Robby harus mengundurkan diri.

"Kalau saya tegas saja, Zaenuri dan Robby mundur. Mungkin kalau Mas Suko (Sukowiyono, red) bisa menjelaskan. Kalau saya tegas saja," ujar Ajat.

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger