Keanggotaan Persib dan 13 Klub LSI Dibekukan

28 February 2012

JAKARTA, (PRLM).- Persib Bandung beserta 13 klub lainnya peserta Liga Super Indonesia (LSI) dibekukan keanggotaannya dari PSSI. Mereka dianggap telah melanggar pasal 15 ayat a serta pasal 85 Statuta PSSI. Sanksi tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Komite Eksekutif (exco) PSSI tertanggal 9 Februari lalu.

Dengan dibekukannya ke-14 klub LSI tersebut, mereka terkena sanksi skorsing selama satu tahun ke depan, hingga otomatis keanggotaan mereka di PSSI untuk sementara dicabut dan tidak diperkenankan mengikuti seluruh kegiatan yang terkait dalam yuridiksi PSSI.

"Dengan begitu, mereka juga otomatis kehilangan suara pada rapat tahunan PSSI pada 18 Maret mendatang di Palangkaraya," kata Deputi Sekjen Bidang Kompetisi Saleh Mukadar saat dihubungi "PRLM", Selasa (28/2/12).

Dalam pasal 15 ayat a Statuta PSSI tertulis kewajiban anggota PSSI yakni melaksanakan penuh statuta, regulasi, perintah, dan keputusan FIFA, AFC, dan PSSI. Serta Memastikan hal ini di hormati oleh PSSI. Sedangkan dalam pasal 85 tertulis, pengesahan klub, liga, atau kelompok klub yang terafiliasi dengan PSSI tidak boleh menjadi bagian dari asosiasi lain atau berpartisipasi tanpa izin PSSI dan FIFA, kecuali dalam kondisi tertentu.

Menurut Saleh, bukan hanya 14 klub ISL yang terkena sanksi, namun juga 18 klub Divisi Utama yang berada di bawah naungan PT Liga Indonesia (Liga). "Jadi total klub yang tersanksi adalah 32 klub. SK-nya sendiri sudah dikirimkan kepada masing-masing klub sejak 9 Februari lalu. Langsung setelah SK ini keluar. Ini bukan balas dendam atau apalah namanya, namun semata-mata hanya untuk menegakkan regulasi FIFA, ini adalah pembelajaran bagi mereka," ucapnya menjelaskan.

Sementara itu, manajemen Persib Bandung mengaku belum menerima surat keputusan pembekuan tersebut. Media Oficer Persib Irfan Suryadiredja menuturkan, bahwa pihaknya hingga saat ini, sama sekali tidak tahu menahu tentang keluarnya keputusan tersebut.

"Kami tidak tahu kalau ada keputusan tersebut. Karena hingga hari ini pun tidak ada satu surat pun yang datang dari PSSI. Kami sendiri baru mendengar dari media, karena ditanyakan tanggapannya," ujar Irfan.

Sumber: PR

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger