Persib Jangan Takut Ikut IIC Tanpa Pemain Timnas

31 October 2011 Bandung - Persib Bandung sebaiknya jangan takut mengikuti turnamen Inter Island Cup (IIC) 2011 tanpa lima pemain timnas yang harus mengikuti pelatnas. Justru jika Persib menerima penunjukkan jadi tuan rumah IIC, itu jadi kesempatan untuk mengasah kemampuan pemain non timnas dan pemain muda.

Baik manajer atau pelatih Persib, beberapa kali mengungkapkan ingin melakukan uji coba atau ikut turnamen dengan skuad yang lengkap, termasuk pemain timnas. Sebab uji coba atau turnamen dinilai percuma tanpa kehadiran lima pemain timnasnya.

"Jangan takut kalah karena bermain tanpa pemain timnas. Selama Persib punya tanggung jawab untuk memperbaiki kekurangan jika hasilnya (di IIC) negatif," kata mantan pemain Persib era 1980-an Bambang Sukowiyono saat ditemui di Sekretariat PSSI Jabar, Jalan Lodaya, Senin (31/10/2011).

Tanpa pemain timnas, pelatih punya kesempatan mengasah pemain non timnas dan pemain muda. "Ini kesempatan buat pelatih memberi kepercayaan bermain bagi pemain lain," ujar Suko, sapaan akrabnya.

Menurutnya, ikut dalam IIC akan memberi manfaat tersendiri. "Di sana Persib bisa mengukur kemampuan tim, melakukan evaluasi dan perbaikan untuk segala kekurangan yang ada sebelum main di kompetisi lagi, bahkan bisa untuk meningkatkan mental bertanding pemain yang ada," jelasnya.

Dalam persiapan kompetisi musim ini, sambung Suko, Persib hanya menghadapi satu lawan dengan kekuatan seimbang yakni Semen Padang saat laga pembuka Liga Prima Indonesia (LPI). Sementara sebelum itu, Persib hanya berujicoba dengan tim yang kelasnya berada di bawah seperti SSB Saint Prima dan UPI.

"Kalau nanti di IIC, Persib bisa mendapat lawan yang seimbang untuk mematangkan tim. Kalau menang, justru bisa meningkatkan motivasi pemain. Tapi kalau kalah, tinggal dievaluasi dan diperbaiki kekurangannya," tutur Suko.

Persib sendiri belum memutuskan setuju atau tidak jadi tuan rumah sekaligus peserta IIC. Hari ini, Persib baru akan menggelar rapat untuk membahasnya, termasuk membahas sikap dalam menghadapi kisruh pengelolaan kompetisi.

Sumber: Detik
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger