Menjadi Pujaan Bobotoh

28 October 2011

Muhammad Ilham merupakan pemain yang tergolong terlambat bersinar. Dilahirkan di Majene, Sulawesi Selatan, 22 Januari 1981, permainan Ilham baru terperhatikan publik sepak bola nasional ketika ia berkostum Persikota Tangerang pada putaran pertama Liga Indonesia XIII/2007. Maklum, sebelumnya Ilham sempat bergabung dengan tim-tim yang bertarung di Divisi I (level kedua) yaitu bersama Petrokimia Putra pada LI X/2004 dan Pelita Jaya Purwakarta pada LI XII/2006.

Karena permainan cemerlangnya, Ilham yang sudah berusia 26 tahun langsung diboyong Persija Jakarta pada putaran kedua musim kompetisi yang sama. Musim itu, Ilham menyumbangkan 4 gol buat Persikota dan Persija. Di tim berjuluk "Macan Kemayoran" inilah performa Ilham semakin menanjak dan namanya pun semakin dikenal publik sepak bola nasional sebagai gelandang mumpuni.

Pada tahun 2008, Ilham untuk pertama kalinya dipanggil tim nasional yang akan tampil di Piala Kemerdekaan Indonesia. Ilham pun memulai debut internasionalnya ketika "Merah-Putih" menghantam Kamboja 7-0 di babak penyisihan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 21 Agustus 2008. Selain kemenangan besar, pada partai debutnya itu, Ilham pun bisa langsung mencetak gol internasional pertamanya.


Kecemerlangan penampilannya bersama Persija dan tim nasional inilah yang membawa Ilham ke PERSIB. Setelah mempertimbangkan banyak hal, Ilham memutuskan untuk menerima pinangan tim kebanggaan bobotoh ini. Alhasil, Ilham yang ketika masih berkostum Persija selalu disambut teror jika datang ke Bandung, berubah menjadi salah seorang pemain anyar PERSIB yang disanjung. Buktinya, ketika pertama kali mengikuti sesi latihan bersama di Stadion Siliwangi, ribuan bobotoh berdiri memberikan aplaus kepadanya.

"Sekarang, saya memang sudah berbaju PERSIB. Saya senang dengan sambutan bobotoh yang sebelumnya tidak pernah saya rasakan. Karena itu, tidak ada alasan buat saya untuk tidak memberikan yang terbaik buat PERSIB," katanya.***

Data Diri Muhammad Ilham
No. Punggung --- : --- 24
Nama Lengkap --- : --- Muhammad Ilham
Panggilan --- : --- Ilham
Kelahiran --- : --- Majene, 22 Januari 1981
Tinggi/Berat --- : --- 167 cm/58 kg
Posisi --- : --- Gelandang
Klub Sebelumnya --- : --- Persija Jakarta (2007-2011)
Caps/Gol LSI --- : --- 82 main/10 gol
Total Gol
--- : --- 17 (15 LI/LSI, 2 Copa)
Karir Timnas
--- : --- 2008-2011
Caps Timnas
--- : --- 18 main/2 gol
Debut Internasional
--- : --- vs Kamboja 7-0; 21 Agustus 2008; Piala Kemerdekaan 2008

Sumber: Persib
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger