Risnandar, "Lupakan Rahmad Darmawan!"

25 August 2011 GURAME,(GM)-
Kendati diakui pilihan manajemen klub tidak salah, Persib Bandung disarankan untuk melupakan Rahmad Darmawan dalam skenario pembentukan timnya. Alasannya sekalipun bisa berbagi dengan Persib, hasil kerja pelatih yang akrab disapa RD ini tidak akan maksimal.

"RD mungkin bisa menangani timnas dan Persib. Tapi saya yakin, konsentrasinya akan lebih ke timnas. Kalau itu yang terjadi, kinerja RD tidak akan optimal di Persib. Karena itu, saya menyarankan agar Persib melupakan RD dan segera mencari pelatih alternatif yang bisa bekerja secara total di Persib," kata mantan pemain dan pelatih Persib, Risnandar Soendoro di Sekretariat Pengcab PSSI Kota Bandung, Jln. Gurame Bandung, Rabu (24/8).

Seperti diketahui, hingga Rabu (24/8), Persib belum juga menetapkan pelatih untuk musim depan. Seperti sempat diakui Manajer Persib H. Umuh Muchtar, pihaknya masih berusaha melobi Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin agar RD bisa tetap menangani Persib sekalipun sudah dikontrak timnas U-23.

Menurut Risnandar, ketimbang memaksakan RD lebih baik Persib menunjuk pelatih lokal yang diyakini bakal mendapat dukungan publik sepak bola Bandung. "Persib sudah mencoba pelatih asing dan pelatih dari luar Bandung. Hasilnya, Persib tetap gagal juara. Sekarang, tidak ada salahnya mencoba pelatih Bandung yang saya rasa bakal mampu mengangkat prestasi tim," katanya.

Berdasarkan catatan "GM", di Bandung sudah ada pelatih yang mengantongi Lisensi A AFC seperti disyaratkan PSSI yaitu Herry Kiswanto dan Deny Syamsudin. "Di luar itu, Pak Indra Thohir pun saya yakin masih bisa diminta bantuan untuk menangani Persib. Beliau pernah membawa tim ini juara," kata Risnandar.

Satukan visi

Apa yang dikatakan Risnandar sejalan dengan pernyataan dua mantan pemain Persib lain dari generasi berbeda, Khair Rifo dan Adeng Hudaya.

"Sudahlah, sebaiknya Persib pakai pelatih lokal saja. Karena sudah di timnas, RD tak bisa dipaksakan. Yang terpenting sekarang, bagaimana Persib secara internal menyatukan visi untuk seluruh elemennya," kata Rifo usai pertandingan final Liga Ngabuburit di Lapangan Lodaya, Jln. K.H. Ahmad Dahlan Bandung.

Adeng pun meminta agar Persib segera menetapkan pelatihnya. "Dulu, Persib juara dengan pelatih Bandung. Tidak ada salahnya dicoba lagi. Yang penting sekarang, Persib segera menetapkan pelatihnya. Soalnya, kalau belum juga mempersiapkan tim, saya kira target juara yang diinginkan Persib menjadi tidak realistis," ujar mantan kapten Persib ini. (B.82)**

Sumber: Galamedia
By: BP

2 comments:

Anonymous said...

setuju asal jangan risnandar lagi

Anonymous said...

mun kitu kitu keneh mah..meuning pecat jeung ganti heula manager Umuh lah...baru nentukeun pelatih...iyeu mah konsorsium teh banci kabeh..

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger